OBAT (JAMU) PENGHILANG SAKIT (NYERI) PINGGANG TRADISIONAL (ALAMI)

CARA ALAMI (HERBAL) MENGATASI (MENGOBATI) NYERI (SAKIT) PINGGANG


obat tradisional (herbal untuk sakit pinggangSakit pinggang merupakan penyakit paling sering dikeluhkan oleh banyak orang, baik laki – laki maupun wanita, khususnya bagi mereka pekerja berat. Ada banyak faktor penyebab seseorang mengalami sakit pinggang, diantaranya terlalu letih (capai) sehabis bekerja berat. Atau bisa juga karena salah dalam mengangkat benda / barang berat, misalnya ketika mengangkat barang, dengan tetap berdiri, lalu membungkukkan badan untuk mengambil barang, kemudian langsung berdiri sambil mengangkat barang tersebut. Hal ini bisa menyebabkan sakit pinggang atau bahkan bisa terkilir. Cara yang benar yaitu dengan berjongok terlebih dahulu, kemudian secara perlahan – lahan barang diangkat, lalu berdiri. Cara mengangkatnya disesuaikan dengan berat barang dan tenaga yang ada, sehingga tidak perlu dipaksakan.

Selain itu, sakit pinggang juga bisa disebabkan karena rematik atau encok (mengenai obat encok, anda bisa klik “Ramuan Tradisional (herbal) Untuk Mengobati Penyakit Rematik (Encok)”), bisa pula disebabkan adanya gangguan fungsi ginjal (untuk mengetahui obat penyakit ginjal, anda juga bisa klik “Ramuan Tradisional (Herbal) Mengatasi (Mengobati) Penyakit Ginjal, Batu Ginjal”), atau mungkin juga disebabkan karena si pasien menderita tumor / kanker (anda bisa baca tentang obat tumor / kanker dengan klik “Ramuan Tradisional (Herbal) Mengobati Penyakit Kanker Perut, Leukemia, kanker rahim”).

Sakit pinggang sangat erat kaitannya dengan susunan tulang belakang sampai tulang ekor. Tulang belakang ini mempunyai ruas tulang dan titik tulang syaraf yang berfungsi membentuk suatu lengkungan jika terjadi gesekan antar tulang, sehingga dengannya, seseorang dapat bergerak, berputar, ke kiri maupun ke kanan. Rasa nyeri yang diderita penderita sakit pinggang bermacam – macam. Ada yang merasakan nyeri sesuai dengan letak sakitnya, namun ada pula nyeri yang tidak menunjukkan letak sakitnya, misalnya sakitnya di perut atau punggung atas, namun nyerinya terasa di pinggang. Hal itu dinamakan dengan nyeri kiriman (referred pain). Ada lagi yang merasakan nyeri di beberapa titik persendian atau di banyak tempat, bahkan terkadang saling berjauhan. Nyeri yang demikian itu disebut dengan nyeri menjalar (radicular pain).

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI (MENGATASI) SAKIT PINGGANG


Langkah yang harus dilakukan seseorang apabila mengeluhkan nyeri di sekitar pinggang tentu saja memeriksakan diri ke dokter atau unit kesehatan terdekat. Dengan demikian



si pasien akan mendapatkan data akurat tentang penyakitnya. Karena di Rumah sakit terdapat peralatan – peralatan kesehatan seperti Ct-Scan, X- Ray, MRI maupun peralatan radiologi lainnya. Jika telah diketahui penyakit dan penyebabnya, maka pengobatannyapun akan lebih efektif mengenai sasaran. Ada beberapa tips untuk mencegah sakit pinggang, diantaranya :

1. Rajin berolah raga karena akan membentuk otot – otot kuat, sehingga tidak mudah keseleo.

2. Jangan terlalu memaksakan diri mengangkat barang berat diluar kemampuan kekuatannya.

3. Jika harus mengangkat barang berat, usahakan dengan cara berjongkok terlebih dahulu, baru kemudian secara pelan – pelan barang diangkat sambil berdiri menyesuaikan kemampuan tubuhnya.

4. Jangan terlalu lelah (capek) bekerja.

5. Jangan terlalu banyak duduk

6. Bagi wanita khususnya, usahakan menghindari sepatu berhak tinggi, karena dengan memakai sepatu berhak tinggi, maka tubuh akan lebih bertumpu ke depan, sehingga mudah sekali mengalami sakit pinggang.

Selain itu, untuk mengurangi rasa nyeri sakit pinggang, dapat menggunakan ramuan – ramuan jamu obat tradisional (herbal) yang dipercaya bisa mengatasi sakit pinggang. Berikut kami sajikan ramuan – ramuannya :

- RAMUAN PERTAMA, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan daun sirsak dua puluh lembar, air untuk merebus lima gelas.

Cara membuatnya yaitu daun sirsak dicuci bersih. Lalu rebus daun sirsak hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Air rebusan daun sirsak dikonsumsi sehari sekali sebanyak ¾ gelas sekali minum.

- RAMUAN KEDUA, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan asam jawa masak secukupnya dan 4-8 rimpang umbi halia (halia masih keluarga dengan temulawak dan jahe).

Cara membuatnya yaitu umbi halia dicuci bersih. Lalu parut umbi halia. Kemudian masukkan asam jawa ke dalam parutan umbi halia. Aduk rata. Setelah itu, usapkan ke bagian tubuh yang sakit.

- RAMUAN KETIGA, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan akar ilalang dan air untuk merebus secukupnya.

Cara membuatnya yaitu akar ilalang terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu rebus akar ilalang hingga mendidih. Air rebusan akar ilalang dikonsumsi dalam keadaan dingin sehari dua kali.

- RAMUAN KEEMPAT, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan satu rimpang temulawak, daun kumis kucing satu genggam, satu rimpang kunyit (sebesar ibu jari) serta air satu liter.

Cara membuatnya yaitu semua bahan dicuci bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih. Setelah matang airnya disaring. Air rebusan diminum sehari satu kali, masing-masing satu gelas.

- RAMUAN KELIMA, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan herba sangitan sebanyak 15-30 gram, air tiga gelas.

Cara membuatnya yaitu herba sangitan dicuci bersih. Setelah itu rebus herba sangitan hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi satu gelas. Dinginkan dan disaring kemudian diminum. Selain diminum herba sangitan dapat juga diusapkan ke bagian pinggang yang sakit.

- RAMUAN KEENAM, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan daun pinang dan minyak kelapa secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun pinang ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kelapa, aduk rata. Lalu panaskan diatas api kecil sebentar saja. Gunakan ramuan ini untuk mengompres pinggang yang sakit.

- RAMUAN KETUJUH, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan daun kecubung empat lembar, sedikit kapur sirih.

Cara membuatnya yaitu daun kecubung ditumbuk halus, masukkan kapur sirih. Aduk rata. Usapkan ke bagian pinggang yang sakit.

- RAMUAN KEDELAPAN, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan daun landep satu genggam, sedikit air kapur sirih

Cara membuatnya yaitu daun landep dicuci bersih. Lalu daun landep ditumbuk halus, masukkan air kapur sirih. Aduk rata. Usapkan pada pinggang yang sakit.

- RAMUAN KESEMBILAN, MENGATASI (MENGHILANGKAN) SAKIT PINGGANG DENGAN CARA ALAMI


Menggunakan air putih. Sebaiknya anda mengkonsumsi banyak air putih kurang lebih 8 gelas perhari jika anda mempunyai keluhan sakit dipinggang. Kekurangan air putih salah satu sebab sakit pada pinggang.

Demikian beberapa resep obat tradisional (alami) mengatasi (menghilangkan) nyeri (sakit) pinggang, semoga memberikan manfaat.

Related Post: