OBAT SAKIT KEPALA (PUSING) TRADISIONAL DAN ALAMI

CARA ALAMI (TRADISIONAL) UNTUK MENGATASI SAKIT KEPALA (cephalalgia)

obat sakit kepala tradisional (herbal)Sakit Kepala atau dalam istilah kedokteran disebut dengan cephalalgia adalah suatu keadaan dimana seseorang merasakan sakit pada bagian kepala, biasanya hal ini di mulai dari bagian belakang leher atau terkadang dari punggung bagian atas. Sakit kepala sering kali datang secara mendadak, kemudian menghilang, lalu datang lagi dan seterusnya. Ada pula sakit kepala yang dinamakan dengan sakit kepala klaster (cluster headache) yaitu rasa sakit yang mulai timbul dari salah satu bagian belakang mata. Sakit Kepala jenis ini biasanya mengalami peningkatan dalam beberapa jam, kemudian menghilang, lalu akan datang kembali selang satu hari, dan demikian seterusnya dalam beberapa minggu. Dan diantara sakit kepala yang paling banyak diderita oleh masyarakat adalah sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan istilah sakit kepala migrain. (lebih jauh tentang apa, bagaimana serta cara mengatasi “penyakit” migrain, bisa Anda baca "Cara Mengatasi Penyakit Migrain (Sakit Kepala Sebelah)").

PENYEBAB (SEBAB SEBAB) SAKIT KEPALA (HEADACHE)

Ada beberapa faktor penyebab seseorang bisa terkena serangan sakit kepala, diantaranya adalah :

1. Karena mengalami stress atau goncangan jiwa yang disebabkan suatu masalah yang belum terpecahkan.

2. Bau – bauan atau wewangian juga bisa memicu seseorang merasakan pusing (sakit kepala)

3. Gaya tubuh seseorang dalam beraktifitas, misalnya tidur miring atau tengkurap yang tidak berubah posisi dalam waktu lama atau membaca dengan jarak terlalu dekat / terlalu jauh dan sebagainya.

4. Karena aktifitas sex atau berhubungan badan dan olah raga secara berlebihan.

5. Udara yang pengap, kotor, dan panas juga dapat memicu sakit kepala.

6. Zat – zat kimia, seperti tiramin atau kafein yang berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

7. Asap kendaraan, asap pabrik, asap api atau asap rokok sangat berpotensi menyebabkan sakit kepala.

8. Dan Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa mengakibatkan sakit kepala.

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI (MENGATASI) SAKIT KEPALA


Apabila seseorang menderita sakit kepala, khususnya bagi yang tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar segera diketahui



penyebabnya, sehingga bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Namun tidak ada salahnya apabila mencoba terlebih dahulu ramuan jamu alami (tradisional) obat sakit kepala yang telah diwariskan oleh leluhur kita dari sejak jaman dahulu hingga sekarang yang tidak menimbulkan (tanpa) efek samping. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa resep alami (herbal) untuk mengobati sakit kepala membandel. Ramuan ramuan tersebut diantaranya :

- RAMUAN PERTAMA, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah sediakan daun jeruk nipis setengah lembar serta satu buah jeruk nipis.

Cara membuatnya yaitu daun jeruk nipis tersebut ditumbuk sampai halus. Lalu masukkan kedalam wadah. Setelah itu, dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Aduk merata. digunakan sebagai obat gosok yaitu caranya usapkan pada bagian bahu, tengkuk serta pelipis.

- RAMUAN KEDUA, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah siapkan batang dan daun kangkung setengah genggam.

Cara menggunakannya yaitu, kangkung terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu kangkung tersebut ditiriskan. Kemudian dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Kerjakan sehari tiga kali pada setiap waktu makan.

- RAMUAN KETIGA, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah sediakan kacang hijau satu gelas dan air tiga gelas untuk merebus.

Cara membuatnya yaitu kacang hijau terlebih dahulu dicuci bersih. Setelah itu, kacang hijau direbus dengan air tiga gelas hingga mendidih. Lalu air rebusan tersebut dapat dikonsumsi selagi hangat.

- RAMUAN KEEMPAT, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah siapkan madu satu sendok makan, ¾ gelas air teh kental, air jeruk nipis satu sendok teh.

Cara membuatnya yaitu semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu aduk merata. setelah itu, dapat langsung dikonsumsi. Kerjakan sehari 2-3 kali.

- RAMUAN KELIMA, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah sediakan rimpang bangle (zingiber cassumunar) dan air secukupnya.

Cara menbuatnya yaitu bangle terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Setelah itu, bengle diparut. Kemudian campurkan dengan air secukupnya, lalu aduk rata (seperti bubur). Kemudian tempelkan dibagian dahi.

- RAMUAN KEENAM, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah siapkan daun kencur sebanyak 2-3 lembar.

Cara membuatnya : daun kencur terlebih dahulu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, dapat digunakan sebagai kompres yaitu dengan cara diusapkan pada bagian dahi.

- RAMUAN KETUJUH, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah sediakan umbi bawang putih (Allium sativum) secukupnya.

Cara membuatnya yaitu umbi bawang putih tersebut ditumbuk sampai halus. Digunakan sebagai kompres pada bagian dahi.

- RAMUAN KEDELAPAN, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah siapkan daun gandarusa (Justicia gendarussa) segar, butir lada dan air secukupnya.

Cara membuatnya : daun gandarusa serta lada ditumbuk hingga halus. Usapkan pada bagian pelipis dan dahi (jika perlu, balut menggunakan kain basah). Pengobatan dapat diulangi setiap tiga jam.

- RAMUAN KESEMBILAN, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah sediakan daun halia (Zingiber officinale) 2-3 lembar, air secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun halia dicuci sampai bersih. Lalu daun halia tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian masukkan air sedikit saja . aduk rata. Gunakan sebagai kompres pada bagian dahi.

- RAMUAN KESEPULUH, CARA ALAMI MENGOBATI SAKIT KEPALA

Bahan-bahannya adalah siapkan daun melati muda satu genggam, bunga melati 10 buah, serta air secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun melati beserta bunga dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, ditumbuk atau diremas-remas hingga halus. Lalu masukkan air sedikit saja. Aduk rata. Usapkan pada bagian kening dan dada .

Demikian, beberapa ramuan obat alternatif tradisional (herbal) untuk mengatasi sakit kepala (pusing yang bisa kami bagikan kepada Anda, semoga bermanfaat. Silakan baca artikel terkait "CARA MENGATASI PENYAKIT MIGRAIN (SAKIT KEPALA SEBELAH)".

Related Post: