OBAT (JAMU) FARINGITIS (RADANG TENGGOROKAN) ALAMI (TRADISIONAL)

CARA ALAMI (HERBAL) MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN


Obat tradisional (herbal) sakit radang tenggorokan (faringitis)Seperti sakit gigi maupun sakit bisulan, sakit radang tenggorokan juga terasa sangat menyiksa. Lebih – lebih jika menyerang anak – anak balita, maka si anakpun biasanya akan rewel sepanjang hari merasakan sakitnya. Bahkan bukan hanya anak kecil, orang dewasa sekalipun akan lebih banyak terdiam dan bermalas – malasan karena badan terasa lesu dan lemas.

Ada 2 jenis radang tenggorakan (faringitis), yaitu faringitis akut dan faringitis kronis. Faringits akut adalah jenis radang tenggorokan yang baru saja menyerang, sehingga biasanya ditandai dengan meningkatnya suhu badan (demam), nyeri tenggorokan dan terkadang disertai batuk. Sedangkan faringitis kronis adalah jenis radang tenggorokan yang sudah lama diderita, sehingga bukan lagi sekedar nyeri yang dirasakan, melainkan seperti ada benda yang mengganjal pada saat menelan makanan. Penyakit ini menyerang di bagian tenggorokan atau kerongkongan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri yang biasa disebut dengan bakteri streptococcus. Radang tenggorokan karena serangan virus cukup diatasi dengan banyak beristirahat agar dapat memulihkan stamiana tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh serta dengan memperbanyak makan buah – buahan maupun sayur – sayuran hijau. Sedangkan radang



tenggorokan karena serangan bakteri, bisa diberikan pengobatan antibiotik dengan resep dokter. Oleh sebab itu, apabila diantara kita terserang penyakit radang tenggorokan, maka sebaiknya segera saja di bawa ke dokter atau puskesmas agar dapat diketahui penyebabnya, sehingga dalam penanganannya bisa lebih tepat dan akurat.

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI SAKIT FARINGITIS (RADANG TENGGOROKAN)


Ada beberapa tips kesehatan untuk penderita penyakit radang tenggorokan. Berikut tips – tipsnya :

1. Penderita radang tenggorokan harus lebih banyak beristirahat. Tujuannya tidak lain adalah agar si penderita dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Untuk mengurangi rasa sakit di bagian kerongkongan (tenggorokan), bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam.

3. Usahakan banyak minum, khususnya minuman hangat, seperti teh atau air putih agar tidak terkena dehidrasi.

4. Jangan terlalu banyak berbicara terlebih dahulu, apalagi berteriak.

5. Hindari makanan – makanan berminyak, makanan pedas, makanan yang mengandung rasa asam tinggi, susu, serta alkohol (yang terakhir ini sifatnya mutlak).

Disamping tips – tips di atas, ada beberapa resep obat (jamu) tradisional (alami) untuk mengobati sakit radang tenggorokan (faringitis) yang terpercaya. Ramuan – ramuan tersebut diantaranya :

- RAMUAN PERTAMA, MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan daun kemangi serta air untuk merebus secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun kemangi dicuci bersih. Lalu daun kemangi direbus sampai mendidih. Setelah air rebusan dingin dapat langsung diminum atau selain diminum air rebusan kemangi juga dapat digunakan untuk berkumur.

- RAMUAN KEDUA, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan buah belimbing manis sebanyak 100 gram.

Cara membuatnya yaitu buah belimbing dicuci bersih. Kemudian buah belimbing diblender untuk dibuat jus. jus buah belimbing manis siap diminum. Buah belimbing manis mempunyai manfaat sebagai anti-radang, sehingga sangat baik untuk mengobati sakit radang tenggorokan.

- RAMUAN KETIGA, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan dua sendok makan air perasan lemon dan air hangat satu gelas.

Cara membuatnya yaitu masukkan air perasan lemon kedalam segelas air hangat. Aduk rata. Dikonsumsi sehari 2-3 kali sebelum makan atau perut dalam keadaan kosong.

- RAMUAN KEMPAT, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit satu ruas jari, garam satu sendok teh serta air hangat 200 ml.

Cara membuatnya yaitu kunyit terlebih dahulu dicuci bersih. Campurkan kunyit, garam serta air hangat. Gunakan untuk berkumur sehari beberapa kali.

- RAMUAN KELIMA, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan bawang putih secukupnya.

Cara menggunakan yaitu bawang putih dibersihkan. Lalu kunyah bawang putih tersebut.

- RAMUAN KEENAM, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan air perasan lemon satu sendok makan, madu satu sendok makan dan air hangat satu gelas.

Cara membuatnya yaitu campurkan ketiga bahan tersebut lalu aduk rata. Siap dikonsumsi.

- RAMUAN KETUJUH, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Dapat mengkonsumsi sup misalnya sup ayam hangat sedikit asam. Sup tersebut dapat meringankan rasa sakit di tenggorokan dan juga bisa menambah nutrisi sipenderita.

- RAMUAN KEDELAPAN, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan jahe secukupnya dan teh yang sudah diseduh.

Cara membuatnya yaity jahe dicuci bersih. Lalu jahe dimemarkan kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu, campurkan teh dengan air jahe tambahkan sedikit madu. Aduk rata. Siap dikonsumsi.

- RAMUAN KESEMBILAN, CARA MENGATASI (MENGOBATI) RADANG TENGGOROKAN TRADISIONAL ALAMI


Bisa juga dengan cara menghirup uap panas. Siapkan air panas kedalam wadah. Gunakan handuk pada kepala supaya mencegah uap menyebar. Lalu hirup uap panas tersebut melalui hidung dan juga mulut.

Demikian beberapa ramuan obat tradisional (herbal) yang dipercaya bisa mengobati penyakit radang tenggorokan (faringitis). Semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami “ RAMUAN OBAT TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI AMANDEL

Related Post: