jadwal-sholat

OBAT (“SALEP KULIT”) PANU ALAMI (TRADISIONAL)

CARA ALAMI MENGATASI (MENGOBATI) PENYAKIT PANU (TENIA VERSICOLOR)


Obat salep kulit panu tradisionalMembersihkan diri dan lingkungan merupakan salah satu syarat bagi kita jika menginginkan hidup sehat wal afiat. Hampir setiap penyakit berawal dari kurang disiplinnya kita dalam menjaga kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan sekitar kita, tidak terkecuali penyakit kulit. Penyakit kulit memang beragam jenisnya serta banyak macamnya, seperti penyakit eksim, penyakit campak, penyakit kurap, penyakit kutu air, jerawat, panu dan sebagainya. Sebagian besar penyakit kulit disebabkan oleh infeksi jamur kulit, dan salah satu yang disebabkan oleh infeksi jamur kulit adalah penyakit panu.

Penyakit panu atau disebut juga dengan istilah tenia versicolor atau pityriasis versicolor adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur kulit bernama Malazessia furfur. Jamur ini berkembang biak secara aktif dipermukaan kulit. Penyakit ini biasanya menyerang kulit di bagian dada, leher maupun punggung. Orang yang banyak mengeluarkan keringat atau memiliki jenis kulit berminyak serta kurang baik dalam menjaga kebersihan tubuh sangat rentan terserang penyakit panu. Penyakit ini termasuk penyakit yang mudah sekali menular, serta memiliki ciri – ciri / tanda – tanda sebagai berikut :

1. Terdapat bercak kulit berwarna putih atau berwarna cokelat, meskipun tidak semua bercak kulit bisa diidentikkan dengan penyakit panu.

2. Memiliki pertumbuhan yang lambat.

3. Bersisik dan terasa gatal ringan, khususnya jika sedang berkeringat.

4. Warnanya akan semakin tampak jelas jika terkena pantulan sinar matahari.

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI (MENGHILANGKAN) PENYAKIT PANU (TENIA VERSICOLOR)


Untuk memastikan jenis penyakit yang memiliki ciri – ciri diatas, maka sebelum melakukan tindakan pengobatan, ada baiknya jika memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesial kulit agar diketahui jenis penyakit kulit yang diderita. Karena tidak semua bercak putih yang ada pada kulit dipastikan panu. Setelah mendapat kepastian bahwa penyakit kulit yang dideritanya adalah panu, maka baru dilakukan langkah



pengobatan. Biasanya obat untuk penyakit kulit jenis ini berbentuk salep atau krim yang banyak terdapat di apotek – apotek atau di toko – toko obat. Atau bisa juga berbentuk shampo jika jamur penyebab penyakit panu menyerang bagian kepala. Atau jika menginginkan jenis pengobatan murah dan alami, bisa digunakan tubuhan – tumbuhan disekeliling kita untuk diramu menjadi obat panu. Berikut ini kami berikan beberapa ramuan obat tradisional (herbal) untuk mengobati (menghilangkan) penyakit panu :

- RAMUAN PERTAMA, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan akar landep (Barleria cristata) secukupnya dan satu buah air perasan jeruk nipis.

Cara membuatnya yaitu akar landep terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu akar landep digiling hingga halus. Kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Aduk rata. Usapkan (bisa juga dibalut) pada bagian panu. Ganti setiap dua kali dalam sehari.

- RAMUAN KEDUA, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan belimbing wuluh sepuluh buah dan sedikit kapur sirih.

Cara membuatnya yaitu belimbing wuluh dicuci bersih. Lalu belimbing wuluh dihaluskan. Kemudian campurkan dengan kapur sirih. Aduk rata. Setelah itu, usapkan pada bagian yang ada panunya, kerjakan sehari dua kali.

- RAMUAN KETIGA, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan kapur sirih serta rimpang umbi lengkuas secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu umbi lengkuas terlebih dahulu dicuci bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut ditumbuk hingga halus. Lalu oleskan didaerah yang terkena panu. Lakukan sehari dua kali setiap pagi dan sore hari.
Atau bisa dengan cara lain : umbi lengkuas diiris-iris. Lalu irisan lengkuas dikasih spirtus sedikit saja. Kemudian usapkan pada panu.

- RAMUAN KEEMPAT, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan bawang putih tiga butir, daun jinten lima lembar serta minyak kelapa secukupnya.

Cara membuatnya yaitu bawang putih dan daun jinten dicuci bersih. Lalu kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Kemudian masukkan minyak kelapa. Aduk rata. Setelah itu, usapkan pada panu. Lakukan sehari dua kali.

- RAMUAN KELIMA, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan rimpang laos (languas galangal) secukupnya.

Cara membuatnya yaitu laos dibersihkan. Lalu laos diparut. Usapkan parutan laos pada panu. Kerjakan 2-3 kali dalam sehari, masing-masing selama lima belas menit.

- RAMUAN KEENAM, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan Rimpang jahe (Zingiber officinale) sebanyak satu ruas

Cara menggunakannya yaitu jahe dicuci bersih. Lalu jahe dipotong. Kemudian potongan jahe diusapkan pada bagian panu, lakukan sehari dua kali.

- RAMUAN KETUJUH, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan Daun ketepeng cina (Senna alata) lima gram, kapur sirih lima gram.

Cara membuatnya yaitu daun ketepeng cina dicuci bersih. lalu tumbuk sampai halus. Masukkan kapur sirih. Aduk rata. Usapkan pada panu sehari 1-2 kali.

- RAMUAN KEDELAPAN, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah sediakan 5-19 gram daun ketepeng cina (Senna alata)

Cara membuatnya yaitu daun ketepeng cina dicuci bersih. Daun ketepeng cina ditumbuk atau diremas. Tempelkan pada panu.

- RAMUAN KESEMBILAN, MENGOBATI (MENGATASI) PANU DENGAN CARA ALAMI


Bahan-bahannya adalah siapkan Batang serai secukupnya.

Cara menggunakan yaitu batang serai dicuci bersih, memarkan. Gosokkan serai pada panu. Kerjakan dua hari sekali.

Demikian beberapa resep ramuan obat tradisional untuk mengobati (mengatasi) penyakit panu (tenia versicolor). Semoga bermanfaat.

Related Post: