jadwal-sholat

TIPS - TIPS (CARA) MERAWAT KUKU

Pada dasarnya, memiliki kuku cantik tidak lain daripada memiliki kuku yang tumbuh dan terpelihara dengan baik. Merawat kuku secara teratur dapat membawa hasil mengagumkan.
Tentu saja, banyak kesalahan bisa saja terjadi dalam merawat kuku.

CARA MERAWAT KUKU TANGAN

merawat kukuLangkah awal merawat kuku, pergunakan kikir yang dapat memenuhi dua maksud, yaitu untuk memendekkan serta dapat membentuk. Mulailah merawat kuku dengan mengikirnya dari sisi menuju puncak bagian tengah. Jika ingin pendek, kikir agak ditekan. Lakukan berulang kali sampai mendapatkan hasil maksimal.

Kemudian dalam merawat kuku tangan, Anda harus merendam jari-jari tangan Anda. Rendamlah jari dalam air hangat yang telah diberi irisan jeruk lemon. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melarutkan kotoran yang melekat serta dapat melunakkan kutikula yang sering terdapat disekitar sisi pertumbuhan. Selain jeruk lemon, dapat menggunakan air sabun mandi atau detergen bertekstur lembut.

Sisi tempat tumbuh kutikula dibersihkan dengan alat khusus. Jika tidak dibersihkan secara teratur kutikula akan tumbuh terus sampai pada ketebalan tertentu, hingga pada akhirnya terkelupas sendiri. Pada proses ini sering terjadi infeksi atau biasa disebut “cantengan”.

Proses selanjutnya dalam merawat kuku adalah membersihkan bagian bawah kuku memakai alat pembersih Jangan terlalu dalam dan jangan menggunakan alat pembersih dari metal yang bisa merusak lapisan dasar kuku.
Sebelum melakukan masase ringan, Anda harus merawat pangkal pertumbuhan kuku dengan memberinya krem zaitun untuk menyempurnakan pertumbuhan selanjutnya .Kuku yang kurang terawat biasanya tumbuh bergelombang. Agar krem dapat meresap ke dalam lapisan kulit, dorong-dorong sedikit waktu memolesnya, kemudian ratakan krem ke seluruh jari serta lakukan masase ringan.
Gunakan selalu basecoat sebelum mengecat, karena berguna untuk melindungi dan cat kuku akan bertahan lama. Juga berguna untuk menyamarkan noda pada cat kuku yang dihasilkan dari pigmen-pigmen cat kuku. Supaya tampak rata serta kelihatan bagus.

Dalam merawat kuku mulailah mengecat dari kelingking atau ibu jari. Setiap kuku sebaiknya hanya diolesi 3 kali saja. Olesan pertama selalu dimulai dari tengah, baru ke samping kiri atau kanan. Untuk olesan berikutnya, sebaiknya menunggu olesan kering.

CARA MERAWAT KUKU KAKI

Merawat kuku kaki yaitu membentuk kuku dengan menggunakan kikir, lalu rendam dengan air sabun lunak, selama lima menit. Gosok tumit kaki berulang-ulang menggunakan batu apung.
Setelah dikeringkan, proses merawat kuku selanjutnya adalah membersihkan bagian bawah kuku dan sisi dengan alat khusus untuk pedicure.
Kemudian proses merawat kuku selanjutnya adalah memberikan krem zaitun pada seluruh permukaan kuku sambil didorong-dorong pada bagian pertumbuhannya, agar krem dapat masuk ke bawah permukaan pangkal kuku. Lakukan masase ringan .

Cat kuku dapat dioleskan setelah krem zaitun dibersihkan. Pengecatan ibu jari kaki dapat dilakukan seperti halnya jari tangan, dari pangkal menuju ke ujung kuku. Tetapi untuk keempat kuku kaki lainnya, karena kecil dan sempit dapat dilakukan melintang dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya.

MERAWAT KUKU DENGAN MEMILIH PEWARNA

Dalam merawat kuku, memilih pewarna kuku adalah bagian penting. Seperti kosmetika lainnya, pewarna seharusnya bisa menambah kesehatan kulit. Warna yang tepat dapat membuat kuku kelihatan bercahaya dan berkilauan. Sebaliknya, warna salah dapat



membuatnya kelihatan kusam serta tidak bercahaya.
Warna merah jambu dan merah terlihat bagus untuk kebanyakan orang. Warna itu adalah warna netral dan serasi. Dan tidak hanya untuk kuku panjang saja. Tetapi untuk menghindari pemakaian warna gelap seperti ungu tua, sawo matang dan coklat. Warna-warna ini akan membuat kulit kelihatan tua dan berkerut.

Bila memiliki warna kulit mirip zaitun atau kekuningan pakailah warna merah kebiruan seperti warna buah raspberry, cherry, burgundy. Hindari warna dasar kuning seperti warna buah peach, jingga, coklat, serta warna tanah, karena akan membuat kulit tampak kuning pucat.
Untuk kulit kemerahan, warna mearah jambu akan lebih menarik. Jangan memakai warna merah kebiruan atau ungu, karena warna-warna tersebut akan menutupi warna merah kulit anda, Dan warna ungu kehitaman sangat cocok untuk hari-hari yang cerah.

Bila memiliki kulit kehitaman, sebaiknya memakai pewarna cerah. Misalnya, jingga kecoklatan, merah keunguan dan merah muda atau merah tua kebiruan seperti warna anggur, juga cocok.
Pada kulit coklat, cobalah warna krem dan coklat, seperti kuning gading dan moka. Dengan warna merah jambu tua ,warna merah koral, merah jingga dan warna bening akan menarik sekali.
Buat pekerja pada kantor-kantor konservatif, warna tenang seperti coklat pucat atau merah jambu terasa lebih aman. Juga dapat memakai warna bening. Sementara warna hijau, biru, hitam dan putih dipandang kurang lazim.

MERAWAT KUKU HARUS MEMPERHATIKAN BENTUKNYA

Bagian tak kalah penting dari merawat kuku lainnya adalah dengan memperhatikan panjang kuku. Panjang kuku sebaiknya sesuai ukuran tangan. Kuku yang praktis serta indah untuk seseorang adalah yang panjangnya sekitar seperempat inci dari ujung kuku. Kuku panjang sungguh berlebihan, bila memiliki tangan dan jari-jari mungil. Kuku pendek membuat tangan tampak gemuk serta kelihatan lebih besar. Jika dipotong pendek sekali tampaknya sudah ketinggalan zaman : tidak menyenangkan serta mudah rusak.

Kemudian dalam rangka merawat kuku juga perlu diperhatikan bentuknya. Sebaiknya mencoba untuk mendapatkan bentuk kuku paling manis. Ada babarapa petunjuk berkaitan dengan bentuk kuku. Pertama, berujung lancip atau runcing. Kuku demikian tidak kelihatan berlebihan, tetapi lebih mudah rusak serta patah.

Kemudian bentuk bundar dengan sisi lurus membuat tangan kelihatan panjang, langsing serta tampak indah. Bentuk kuku lonjong juga kelihatan panjang. Untuk membentuk kuku seperti ini harus melembutkan sisi kuku dan membulatkan ujungnya. Sementara bentuk bulat persegi lebih awet dan sehat.

Ujung kuku dibuat persegi dan sudut-sudutnya dibulatkan. Bentuk ini benar-benar baik bila bermaksud membiarkan panjang, akan kelihatan manis serta rapi. Bentuk persegi secara khusus akan menarik bila mempunyai tangan kecil serta jari-jari dan kuku sempit. Ratakanlah ujung-ujung kuku harus sedang saja panjangnya. Bila terlalu panjang, ujung yang persegi itu kelihatan tidak sesuai.

DALAM MERAWAT KUKU HARUS MENGETAHUI PENYAKIT KUKU DAN PENYEBABNYA

Tidak ada satu kuku pun yang sempurna. Setiap orang berhadapan dengan masalahnya masing-masing dari waktu ke waktu. Untuk itu merawat kuku mutlak diperlukan. Maka agar merawat kuku lebih efektif, perlu bagi kita untuk mengetahui penyakitnya, penyebabnya serta penanggulangannya. Di bawah ini ada beberapa penyakit kuku yang biasa, berikut penyebab dan penanggulangannya :

GARIS HORISONTAL

Dikenal sebagai “garis indah”. Garis ini biasanya muncul pada bagian atas tengah.Hal ini disebabkan oleh suatu penyakit.
Apabila pernah demam tinggi atau menjalani pembedahan misalnya, garis ini dapat muncul tiga bulan kemudian sesudah jatuh sakit. Hubungannya ialah penyakit itu mempengaruhi pertumbuhan sel kuku.

Garis-garis tersebut muncul hampir pada separuh kuku. Biasanya muncul pada ibu jari, tetapi kadang-kadang terlihat pada telunjuk. Garis-garis ini juga kadang muncul karena kebiasaan menjentik dengan kuku, menjentik kuku lainnya dengan ibu jari atau karena mencabut kulit kuku dengan kuku jari. Menekan terlalu kuat dengan tongkat pada kuku juga dapat menyebabkan timbulnya garis-garis horizontal. Maka, hentikan kebiasaan buruk yang menyebabkan munculnya gangguan pada keindahan kuku. Untuk itu perhatikanlah dalam merawat kuku, serta jangan menjentik sesuatu dengan kuku.

KUKU LEMAH

Dalam merawat kuku, perhatikanlah pula kekuatan kuku. Karena sering kita jumpai sebagian dari kita berkuku lemah. Hal ini disebabkan oleh faktor keturunan dan penyakit. Ada beberapa cara untuk merawat kuku lemah tersebut. Bila sangat rapuh, membungkus kuku adalah jalan terbaik untuk melindunginya. Cairan pembungkus berserabut dapat juga menolong kuku setengah rapuh, namun tidak sebaik pembungkus kuku. Pilihan lain adalah menggunakan penguat kuku bening, dikombinasikan dengan pelapis dasar dan pelapis atas. Tapi harus berhati-hati, sebab penguat kuku mengandung formalhida akan mengeringkan kuku serta menyebabkan alergi pada sebagian orang. Telitilah bahan penguat kuku, carilah yang tidak mengandung bahan kimia penyebab iritasi, juga alergi pada sebagian orang.

KUKU KERING DAN MUDAH PATAH

Kuku yang mudah patah kecuali disebabkan oleh usia tua, juga karena memakai sabun bertekstur keras, detergen serta pencuci lainnya sehingga dapat menghilangkan kelembaban. Untuk merawatnya, maka rendamlah kuku dalam air hangat selama 10 menit setiap malam dalam seminggu. Pengobatan lain adalah merawat kuku menggunakan minyak. Merawat kuku dengan minyak ini dapat dilakukan sebelum mendorong kulit kuku.

Untuk melindunginya dari kekeringan gunakan sarung tangan bila bekerja menggunakan sabun, detergen atau bahan pencuci lainnya, sebaiknya memilih sarung tangan berbahan katun. Sarung tangan berbahan karet akan mendatangkan bau kurang sedap. Bila tangan basah, keringkan dengan menggunakan krem tangan.

BINTIK PUTIH

Bila kuku berbintik putih, janganlah risau. Hal ini disebabkan luka kecil pada saat pertumbuhannya dan dapat hilang dengan sendirinya. Untuk itu perlu merawatnya dengan menyamarkannya dengan cat kuku sehingga noda tidak kelihatan.

KUKU TERKELUPAS

Kuku terkelupas merupakan masalah yang selalu timbul bersamaan kuku lemah dan rapuh. Kuku dapat terkelupas secara mendatar dari ujung sampai piringan kuku. Kesalahan dalam pemotongan kuku, biasanya dilakukan orang yaitu dengan langsung memotong ujung kuku jauh ke dalam tidak mengikuti bentuk alami. Hal ini bisa juga menyebabkan pengelupasan. Maka, solusinya yaitu, Jika memotong kuku, ikutilah bentuk kuku secara alami, jangan memotong terlalu dalam. Dengan merawat kuku, maka diharapkan juga kuku menjadi kuat serta tidak mudah terkelupas.

KUKU RETAK ATAU TERBELAH

Mengikir kuku terlalu dalam pada bagian sisi kuku dapat menyebabkan retak atau terbelah. Kuku bisa retak apabila digunakan untuk mencukil benda keras. Untuk merawatnya yaitu perlu dilakukan Penambalan agar bisa melindungi belahan kuku.

NODA

Jika kuku bernoda kuning, mungkin karena memakai cat yang tidak cocok, maka merawatnya ialah dengan menutupnya memakai cat kuku. Sehingga akan mengurangi godaan untuk menggigit kuku.Kemudian Bungkuslah ujung kuku itu agar menjadi kuat.

KUKU RUSAK

Jika kuku terpukul atau terjepit pintu hingga tercabut sampai ke akarnya, maka kuku tampak berwarna ungu kehitaman serta terlihat sangat buruk. Warna itu disebabkan oleh darah beku dibawah permukaan kuku.Bila menderita luka seperti itu datanglah ke dokter kulit. Dokter dapat mengalirkan darah beku itu keluar dari piringan kuku.

PEMBENGKAKAN KULIT KUKU

Keadaan ini disebut paronnychia, yaitu kuku terlalu lama direndam dalam air, mencabut kulit kuku dan bakteri (infeksi disebabkan oleh kuman). Orang dapat mengetahui bahwa dirinya menderita paronnychia dengan melihat kulit disekitar kuku yang memerah dan lembut. Dalam kasus terparah, dapat terbentuk nanah pada bagian itu.

Selain menyebabkan sakit serta tidak nyaman, paronnychia juga bisa menyebabkan penipisan pangkal kuku. Untuk merawat penyakit ini, biasanya para dokter memberikan obat antibiotic. Krem antibiotic untuk tulang serta perawatan medis lainnya. Bila penyakitnya sudah parah, biasanya dokter akan menyuntikkan obat langsung pada kulit, sebagai bagian dari merawat kuku. Bagi pengidap penyakit kencing manis (diabetes) serta menderita paronnychia, segeralah ke dokter karena infeksi tersebut dapat menyebar.Untuk merawat kuku agar terhindar dari paronnychia, maka pakailah selalu sarung tangan dari campuran karet – katun pada saat bekerja bersentuhan dengan air. Keringkan segera tangan, bila sarung tangan itupun basah. Serta janganlah mencabut kulit kuku.

MENGGIGIT KUKU

Bila kuku digigit-gigit, maka akan kelihatan merah serta ujungnya kelihatan kasar.Buanglah kebiasaan menggigit kuku agar tidak rusak karenanya.

JAMUR KUKU

Jamur adalah salah satu penyakit berat. Biasanya jamur menghinggapi kuku kaki tetapi dapat juga menghinggapi kuku tangan. kuku “berjamur” biasanya tampak tebal serta warnanya dapat berubah menjadi putih, kuning atau kemerahan.

Keadaan ini disebabkan oleh sejenis jamur. Biasanya merambati kaki para atlit. Tidak ada pengobatan instan untuk penyakit ini, tetapi dapat diawasi dengan merawat kuku.

Pengobatan paling efektif bisa dilakukan dengan menelan pil serta memakai krem dalam jangka waktu lama dibawah pengawasan seorang dokter.

CELAH DI BAWAH KUKU TERLALU DALAM

Celah kuku yang kecil adalah normal. Celah itu tercipta karena kebiasaan menjentikkan kuku juga dikarenakan kuku yang tumbuh panjang. Tetapi bila kuku mempunyai celah terlalu dalam, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter kulit. Celah tersebut mungkin merupakan gejala penyakit kulit psoriasis atau alopecia areata, suatu penyakit yang bisa juga mempengaruhi rambut. Solusi Merawatnya bisa melalui cara menyembunyikan celah itu dengan memoles kuku tersebut menggunakan cat kuku.

KUKU JARI TUMBUH KE DALAM

Ibu jari kaki memiliki kuku yang tumbuh lebih lama karena tumbuh ke dalam daging jarinya. Sudut-sudut kuku biasanya masuk ke dalam kulit sehingga menimbulkan rasa sakit, dan dapat mengundang infeksi jika tidak diobati dengan baik.

Kuku yang tumbuh ke dalam disebabkan pemotongannya yang tidak benar. Jika memotong sudut kuku secara tidak rata dan meninggalkan ujung yang runcing, maka ujung kuku itu akan tumbuh menembus daging sekitarnya. Sepatu sempit juga dapat menekan sisi kuku ke dalam kulit sehingga menyulitkan pertumbuhannya. Apabila mengalami hal ini pergilah ke dokter kulit atau ke ahli merawat kuku.

Untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam daging, maka dapat merawatnya dan mengguntingnya dengan bentuk datar. Janganlah memotong seluruh sisi kuku. janganlah memakai sepatu yang menekan jari-jari.

REAKSI ALERGI

Beberapa wanita menderita alergi, peka terhadap cat kuku atau produk perawatan kuku lainnya. Jika alergi pada produk-produk perawatan, reaksinya akan terlihat pada jari tangan atau kaki. Mata akan memerah dan mungkin timbul semacam kudis pada leher serta pipi atau bagian kulit lainnya, yang sering tersentuh oleh jari. Maka segeralah pergi ke dokter kulit .Untuk pertolongan pertama, campurkanlah susu dengan air dan sepotong handuk kecil ke dalam larutan itu, peras, lalu tempelkan selama lima menit pada kulit yang alergi itu. Ulangi sampai sepuluh menit.

Demikianlah tips-tips merawat kuku agar tetap sehat dan indah. “PENTING UNTUK DIPERHATIKAN“ agar dalam merawat kuku dengan menggunakan cat, pakailah produk-produk sesuai syari’ah serta tidak berlebihan (halal / diperbolehkan dalam agama).

TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: