CARA MENCEGAH DAN MENGATASI PENYAKIT FLU SINGAPURA

PENGERTIAN PENYAKIT FLU SINGAPURA

Bila anak anda mengalami demam, luka pada mulut seperti sariawan, susah makan, susah
menelan makanan, terjadi lepuhan (kulit mengelembung karena berisi cairan) pada tangan atau kaki, atau terjadi kejang - kejang, bisa jadi anak Anda terserang penyakit flu singapura. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini dikenal dengan istilah Hand, Foot, And Mouth Disease (HFMD) atau istilah lainnya adalah penyakit kaki, tangan, dan mulut (KTM). Penyakit flu singapura terjadi diakibatkan oleh virus.

Penyakit flu singapura biasa menyerang anak – anak antara umur dua minggu hingga lima tahun. Bagaimana cara mencegah penyakit flu singapura ini, serta bagaimana cara penularannya? Berikut penjelasannya

INDIKASI (GEJALA -GEJALA) PENYAKIT FLU SINGAPURA

Flu singapuraGejala awal penyakit flu singapura seperti pada penyakit flu lainnya, seperti demam tinggi selama kurang lebih 2 atau 3 hari, terkadang disertai sedikit pilek, timbul ulcus atau luka di mulut (lidah) seperti penyakit sariawan, timbul vesikel (lepuhan) di tangan atau pada kaki yaitu kulit menggelembung berisi cairan, tenggorokan terasa nyeri, serta susah makan (nafsu makan berkurang), bahkan sulit menelan makanan.

Jika gejala berat flu singapura menyerang balita seperti, demam anak tidak segera turun serta suhu tubuh melebihi dari 39⁰C, jantung berdebar – debar, sangat susah makan, badan lemas, mengalami muntah, terserang diare (mencret), dada terasa sesak, serta kesadaran anak menurun, maka segeralah dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan pertolongan.

CARA PENULARAN PENYAKIT FLU SINGAPURA

Penyakit flu singapura termasuk penyakit menular diakibatkan oleh serangan virus. Cara



penularan penyakit virus flu singapura bisa melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Penularan penyakit flu singapura dengan cara kontak langsung bisa melalui pecahnya cairan lepuhan, kemudian menempel ke tubuh orang lain, atau melalui air liur, atau melalui ingus (umbel bahasa jawanya). Adapun penularan virus flu singapura dengan cara tidak langsung, misalnya melalui peralatan makan (minum), bisa melalui handuk, atau melalui baju yang dipakai serta benda – benda lainnya yang telah terkontaminasi virus penyakit flu singapura. Dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima hari bagi orang yang tertular virus flu singapura ini, menyadari penyakit yang menulari tubuhnya. Setelah 3 sampai 5 hari, baru muncul lepuhan – lepuhan di kulit berisi cairan. Dari lepuhan – lepuhan itu pula virus flu singapura ini akan menularkan penyakitnya ke orang lainnya lagi.

CARA MENGATASI PENYAKIT FLU SINGAPURA

Virus flu singapura ini, sebagaimana virus penyakit lainnya, belum ditemukan obatnya. Pengobatan terhadap flu singapura ini hanya bersifat mengurangi gejalanya saja. Tidak sampai membunuh virusnya. Penyakit flu singapura ini akan sembuh dengan sendirinya setalah tujuh sampai sepuluh hari berlangsung. Untuk meredam demam tinggi pada anak, biasanya akan diberi obat penurun panas dan akan diberi obat pereda rasa sakit untuk keluhan – keluhan lainnya serta diberi obat atau salep dengan perawatan khusus untuk mengatasi lepuhan kulit di tangan atau kakinya agar tidak terjadi infeksi oleh kuman. Untuk mengembalikan daya tahan tubuh serta sistem kekebalan anak, maka anak harus diberi cukup waktu untuk istirahat, sehingga daya tahan tubuhnya kembali normal dan badan kembali segar. Disamping itu perlu diberikan banyak air minum sebagai pengganti hilangnya cairan tubuh diakibatkan susah minum serta menderita diare (dehidrasi).

CARA MENCEGAH PENYAKIT FLU SINGAPURA

- Cucilah tangan sebersih – bersihnya dengan menggunakan sabun, baik sebelum maupun sesudah makan, mengganti popok bayi, keluar masuk wc serta sesudah membersihkan ingus.
- Mencuci pakaian dengan sebersih – bersihnya agar virus penyakit flu singapura tidak betah tingal di pakaian kotor tersebut.
- Ketika bersin, maka mulut dan hidung harus ditutup rapat – rapat agar virus tidak menular kemana – mana.
- Berusahalah untuk tidak melakukan pinjam meminjam peralatan makan atau minum seperti piring, sendok gelas, pakaian yang dipakai seperti baju, sepatu, kaos kaki, maupun alat – alat pribadi lainnya.
- Seorang anak penderita flu singapura sebaiknya diistirahatkan dulu dari sekolahnya, atau dari bermain, atau dari berkumpulnya anak – anak, agar tidak menularkan flu singapura ini ke anak – anak lainnya.

Itulah sekelumit informasi mengenai flu singapura, agar dapat diambil manfaatnya. Sehingga kita bisa menjaga diri kita serta berusaha mencegah dari serangan virus ini.

Related Post: