JENIS - JENIS (MACAM - MACAM) PENYAKIT AMBEIEN / WASIR (HEMOROID)

PENGERTIAN PENYAKIT AMBEIEN / WASIR (HEMOROID)

Salah satu tanda tandanya penyakit ambeien / wasir (Hemoroid) adalah keluarnya darah setelah keluarnya kotoran saat buang air besar. Sebenarnya Ambeien  banyak terjadi di masyarakat tapi kebanyakan tanpa gejala (bergejala ringan sehingga menyebabkan penderitanya enggan atau malas berkonsultasi dengan dokter).

Disetiap dubur seseorang ada jaringan pembuluh darah yang banyak. Akibat keadaan atau pengaruh tertentu menyebabkan desakan dan tekanan terhadap pembuluh darah ini meningkat. Apabila sampai pecah, hal ini akan menimbulkan pendarahan.

penyakit ambeienFaktor - faktor yang mempengaruhi penyakit ambeien / wasir (Hemoroid)

Ada beberapa penyebab penyakit ambeien /wasir (hemoroid), antara lain :

1. Pola makan tidak baik yakni rendah serat (serat biasanya terdapat pada banyak sayuran,buah dan biji-bijian ) menyebabkan feses atau kotoran keras serta mengharuskan mengejan saat buang air besar.
2. Kebiasaan duduk lama menyebabkan gangguan aliran darah sekitar dubur/anus serta peningkatan tekanan dalam perut. Demikian pula pada peniup terompet atau kebiasaan mengangkat beban berat dapat meningkatkan tekanan dalam rongga perut sehingga berakibat membesarnya pembuluh darah anus.
3. Kehamilan juga dapat membuat wanita mendapatkan gejala ambeien atau wasir yang membaik setelah melahirkan.


Macam - macam Penyakit ambeien / wasir (hemoroid)

Ada 2 jenis penyakit ambeien / wasir (hemoroid) yaitu interna dan eksterna. Perbedaannya terletak pada posisi asal pembuluh darah membesar, serta jaringan yang melapisi pembuluh darah tersebut. Pada penyakit ambeien / wasir (hemoroid) interna, pembuluh darah berasal dari daerah yang agak dalam dari anus dimana tidak ada serabut saraf sensorik sehingga gejala pada hemoroid ini tidak ada nyeri sekalipun disertai dengan pendarah sebagaimana kasus diatas.Ambeien / wasir (Hemoroid) ini diklasifikasikan dalam 4 derajat yaitu

1. Derajat 1 : terdapat pembengkakan di selaput lendir anus dengan atau tanpa pendarahan, tapi belum ada penonjolan pembuluh darah keluar anus.
2. Derajat 2: terjadi prolap (penonjolan) saat mengejan dan kembali masuk secara spontan.
3. Derajat 3 : terjadi prolap dan untuk masuk kembali perlu bantuan tangan untuk mendorongnya.
4. Derajat 4 : prolap yang terjadi tidak dapat dimasukkan.

Adapun hemoroid eksterna maka berasal dari daerah yang lebih luar dimana terdapat pula serabut saraf sensorik sehingga gejalanya adalah timbul rasa nyeri yang terkadang sangat hebat. Nyeri ini akibat terjadi penggumpalan darah (trombosis) dan biasanya akan membaik dalam waktu 7-10 hari.

Cara mengatasi (mengobati) penyakit ambeien / wasir (hemoroid)

Pengobatan penyakit ambeien / wasir (hemoroid) diberikan jika memberikan gejala serta keluhan sehingga mengurangi kualitas dari kehidupan. Pengobatan terdiri dari medis konservatif dan pembedahan. Pengobatan medis terdiri dari non farmakologis dan



farmakologis. Pengobatan non farmakologis berupa mengubah pola makan berupa meningkatkan asupan makanan berserat tinggi seperti sayur - saruran, buah-buahan serta banyak minum. Mengubah kebiasaan tidak baik seperti duduk terlalu lama saat buang air besar atau belajar dan bekerja. Dianjurkan saat buang air besar dalam posisi jongkok dan dilanjutkan dengan merendam anus dengan air hangat selama 10-15 menit untuk merelaksasi tegang dan kaku otot sekitar anus. Penderita juga dianjurkan untuk sering berdiri atau jalan. Sedangkan pengobatan farmakologis (dengan obat) meliputi laksatif (pencahar) untuk memudahkan keluarnya kotoran, anti nyeri dan inflamasi (radang) serta obat-obatan yang dioleskan yang mengandung anestesi lokal dan anti radang.

Sedangkan obat spesifik penyakit ambeien / wasir (hemoroid) saat ini adalah flavonoid berupa diosmin dan hesperidin. Jika dengan pengobatan ini tetap ada bahkan memburuk maka dilakukan beberapa tindakan mulai dari injeksi skleroterapi, pengikatan dengan karet terhadap ambeien / wasir (hemoroid) yang menonjol, fotokoagulasi dengan infra merah hingga penggunaan sinar laser.

Adapun tindakan pembedahan dilakukan terhadap derajat 3 dan 4 atau yang tidak membaik dengan tahapan pengobatan tersebut di atas. Untuk tindakan-tindakan khusus serta pembedahan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis bedah. Adapun mengatasi ambeien dengan cara tradisional (herbal) dapat anda baca pada artikel Herbal untuk Mengobati Wasir.

Cara mencegah penyakit ambeien / wasir (hemoroid)

Upaya pencegahan tentu dapat dilakukan, mengingat semua orang berpotensi menderita penyakit ambeien / wasir (hemoroid) adalah dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab di atas. Makanan banyak serat harus senantiasa dikonsumsi dan dibiasakan dalam keluarga, mengatur waktu bekerja, istirahat, rajin olah raga, serta menghindari kegiatan yang dapat meningkatkan tekanan dalam rongga perut. Sangat sering terjadi, bahwa penderita ambeien atau wasir ini juga menderita hernia dan pembesaran kalenjar prostat karena ketiganya berhubungan dengan adanya peningkatan tekanan dalam rongga perut. Dan saat ada gejala atau keluhan di perut bagian bawah segeralah berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mencegah dampak lebih lanjut. (baca juga artikel terkait : HERBAL UNTUK SAKIT WASIR (AMBEIEN)

Related Post: