PERBEDAAN ANTARA PENYAKIT PILEK DAN FLU

Penyakit Pilek atau penyakit Flu merupakan penyakit paling familier di telinga kita. Penyakit pilek atau penyakit flu ini bahkan telah berusia kurang lebih sama dengan usia manusia itu sendiri. Jadi bisa dikatakan penyakit pilek dan Flu adalah penyakit paling tua.

GEJALA PENYAKIT PILEK DAN FLU

Gejala penyakit pilek dan flu ini biasanya ditandai dengan kepala pusing (sakit kepala), bersin – bersin, tenggorokan terasa gatal, gidung berair, badan lemah kurang bertenaga, serta suhu badan naik. Hingga sekarang belum ditemukan obat pemberantas virus dari penyakit pilek atau penyakit flu ini.

penyakit pilek dan fluUntuk mengembalikan suhu badan kembali normal serta meredakan rasa sakit, biasanya penderita penyakit pilek dan flu ini seringkali menggunakan obat jenis analgesik atau antipiretik. Terkadang juga dikombinasikan dengan obat lain untuk meredakan hidung tersumbat (dekongestan), pereda batuk maupun anti alergi (antihistamin).

Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan penyakit pilek atau penyakit flu ini. Padahal sebenarnya obat – obatan yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit pilek dan flu ini sifatnya hanya mengurangi gejala penyakit pilek



dan flu ini, bukan menyembuhkan. Karena pada dasarnya obat antibiotik tidak mampu membunuh virus. Bahkan terkadang justru kontra produktif dengan tubuh kita. Para ahli sampai sekarang belum mampu menemukan obat untuk mematikan virus penyebab penyakit pilek atau penyakit flu ini. Biasanya obat – obatan yang biasa digunakan untuk penderita penyakit pilek dan flu ini hanya akan efektif sesaat saja. Pada saat terserang penyakit pilek atau penyakit flu, sebetulnya, tubuh hanya memerlukan istirahat saja. Karena, tanpa menggunakan obat pereda sakit sekalipun, badan akan kembali sehat, jika kita melakukan istirahat kurang lebih selama 3 hari sampai 2 pekan. Dengan beristirahat diharapkan mampu mengembalikan stamina tubuh serta ketahanan tubuh kembali kuat, dan penyakit pilek atau penyakit flu inipun akhirnya tersingkir.

PERBEDAAN ANTARA PENYAKIT PILEK DAN FLU


Banyak orang tidak mengerti bahwa sebenarnya antara penyakit pilek dan penyakit flu terdapat perbedaan. Penyakit pilek merupakan penyakit saluran pernafasan bagian atas. Penyebabnya adalah virus. Penularan penyakit pilek biasanya melalui tetesan air hidung, khususnya saat bersin serta bisa juga melalui kontak tangan. Gejala penyakit pilek biasanya hidung berair, sering bersin, tenggorakan gatal, badan terasa lemas, serak, mata berair, serta biasanya tidak disertai demam.

Sedangkan penyakit flu atau Influenza juga disebabkan oleh virus, tetapi yang diserang adalah saluran pernapasan bagian bawah, serta kadarnya jauh lebih berat lagi dari penyakit pilek. Seseorang penderita penyakit flu atau influenza, jika tidak diperhatikan atau tidak ditangani secara serius, akan bisa mengakibatkan kematian, terlebih bagi mereka usia tua dan bertubuh lemah. Namun bukan berarti yang berusia muda dapat mudah terbebas dari keganasan penyakit flu ini, bahkan sekalipun badannya kelihatan sehat, ternyata beberapa jenis virus penyakit flu ini justru bisa mengakibatkan kematian pada orang muda.

Perbedaan lain dengan penyakit pilek adalah bahwa gejala penyakit flu berkembang jauh lebih cepat, lebih gawat serta diikuti dengan gejala-gejala gangguan pernapasan seperti tenggorokan terasa sakit, batuk kering, otot – otot terasa pegal, badan lemas kurang bertenaga dan demam tinggi (meriang), bahkan terkadang sampai menggigil.

CARA TERBAIK MENGATASI PENYAKIT PILEK DAN FLU

Para pakar pengobatan alternatif melihat bahwa gejala yang ada pada penderita penyakit pilek atau penyakit flu bukanlah gejala yang harus diredam, namun sebagai pertanda bagi tubuh akan lemahnya daya tahan tubuh. Hal ini bisa disebabkan karena faktor kecapaian, stres atau kurang tidur. Dengan lemahnya daya tahan tubuh menyebabkan tubuh mudah terserang virus, serta infeksi ringan di saluran pernapasan. Maka dari itu, untuk mengembalikan daya tahan tubuh diperlukan istirahat cukup barang sehari atau dua hari hingga rasa capainya hilang. Tak kalah pentingnya adalah berusaha untuk membantu mengurangi beban pencernaan tubuh dengan mengkonsumsi makan – makanan kaya vitamin, kaya serat, serta kaya klorofil. Makan – makanan tersebut banyak dijumpai pada jenis SAYUR - SAYURAN BERWARNA HIJAU dan buah – buahan organik. Makanan – makanan tesebut juga dikenal kaya antioksidan yang berfungsi memperkuat daya tahan tubuh. Disamping itu juga harus menghindari makan - makanan yang menimbulkan asam dalam tubuh, mengandung gluten (tepung terigu), gula, daging serta karbohidrat yang diproses.

Akhirnya, tidak ada penyakit, kecuali datangnya dari Allah. Kesembuhan itu sendiri juga datang dari Allah.Tentunya disertai dengan ikhtiar yang benar, InsyaALLAH penyakit apapun bisa sembuh. Semoga bermanfaat..(Baca juga artikel terkait : RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) UNTUK MENGOBATI SAKIT PILEK DAN FLU (INFLUENZA))

TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: