RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) UNTUK MENGOBATI PENYAKIT EKSIM

RAMUAN TRADISIONAL (CARA HERBAL) UNTUK MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Pada dasarnya ada dua jenis penyakit eksim, yaitu penyakit eksim dengan jenis kering dan penyakit eksim dengan jenis basah. Penyakit eksim jenis kering, biasanya ditandai warna kulit merah, tebal serta bersisik, sedangkan eksim jenis basah ditandai dengan munculnya bintil – bintil mengandung cairan nanah, lebih lebih jika sering digaruk (“dikukur” istilah jawanya). Seseorang penderita eksim akan merasakan gatal dan panas pada kulitnya. Penyakit eksim biasanya akan menyerang pada bagian paha, kaki, muka atau bahkan kepala. Jika bintil – bintil merah itu pecah, maka kulit luar akan terkelupas. Sedangkan kulit bagian dalam terlihat basah dan berwarna merah karena mengeluarkan cairan kotor (nanah) sehingga setelah cairan itu kering akan menimbulkan kerak pada kulit.

ramuan tradisional (herbal) untuk sakit eksimPenyakit eksim bisa dipicu oleh beberapa hal, diantaranya adalah rangsangan dari bahan – bahan kimia seperti salep maupun sabun, atau bisa juga karena faktor iklim (cuaca). Oleh sebab itu penderita eksim disarankan agar menjaga kulitnya agar jangan terkena air atau sabun terlebih dahulu. Sedangkan untuk membersihkan cairan kotor dari kulit yang terkelupas bisa menggunakan kapas dibasahi dengan minyak zaitun. Namun jika kulit itu selalu basah, maka bisa menaburi kulit tersebut dengan tepung beras halus atau tepung aerut. Penderita eksim juga dihimbau untuk menghindari terlebih dahulu makanan – makanan



berminyak serta amis amisan seperti ikan, udang, kerang dan lain – lain. Sebaliknya, penderita eksim dianjurkan agar banyak mengkonsumsi sayur – sayuran berwarna hijau serta buah – buahan agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada beberapa ramuan obat tradisional (herbal) dipercaya dapat mengobati penyakit eksim, yang bisa dijadikan alternatif penyembuhan, diataranya adalah :

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI PERTAMA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah sediakan tiga sendok makan tepung belerang, empat sendok makan biji bengkuang serta dua sendok makan minyak kelapa.

Cara membuatnya yaitu terlebih dahulu tepung belerang dan biji bengkuang ditumbuk sampai halus serta menjadi lumat. Lalu campurkan dengan minyak kelapa. Diaduk sampai merata. Setelah itu dapat digunakan untuk mengolesi pada bagian yang sakit. Kerjakan sehari dua kali. Dipakai secara teratur.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KEDUA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit sebanyak dua rimpang sebesar ibu jari serta daun asam jawa satu genggam.

Cara membuatnya yaitu kedua bahan tersebut dicuci hingga bersih. Kemudian bahan-bahan itu ditumbuk hingga halus dan menjadi lumat. Setelah itu, tempelkan pada bagian yang sakit. Gunakan secara teratur.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KETIGA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah sediakan minyak kelapa secukupnya beserta daun kecubung sebanyak tiga lembar.

Cara membuatnya yaitu daun kecubung terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian daun kecubung ditumbuk sampai halus dan lumat. Lalu campurkan dengan minyak kelapa. Diaduk hingga merata. Setelah itu, dipanaskan diatas api. Dipakai untuk mengolesi bagian yang sakit. Sebaiknya digunakan dalam keadaan hangat.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KEEMPAT (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah siapkan kapur sirih satu sendok teh dan satu umbi wortel.

Cara membuatnya yaitu wortel dicuci bersih. Kemudian wortel diparut. Lalu parutan wortel tersebut dicampur dengan kapur sirih. Aduk sampai merata. Cara menggunakannya dengan menempelkan pada bagian yang sakit. Setelah ditempel lalu dibalut menggunakan perban.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KELIMA (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah sediakan satu genggam sambiloto, sepuluh gram asam, lima jari rimpang temulawak, dua puluh gram gula jawa, tujuh lembar ngokilo.

Cara membuatnya yaitu temulawak terlebih dahulu dikupas lalu diiris tipis. Kemudian semua bahan-bahan yang tersedia dicampur menjadi satu. Setelah itu, direbus dengan air dua gelas sampai mendidih. Biarkan hingga airnya menjadi satu gelas. Sesudah matang, disaring. Dikonsumsi sekaligus, berturut-turut selama lima hari.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KEENAM (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah siapkan air dan daun bayam secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun bayam dicuci bersih. Lalu daun bayam direbus sampai mendidih. air rebusan tersebut digunakan untuk mengompres bagian yang sakit menggunakan kain, kurang lebih selama tiga puluh menit.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KETUJUH (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah sediakan rimpang temulawak empat jari, asam jawa satu ruas ibu jari serta air mendidih sebanyak 110 ml.

Cara membuatnya yaitu asam jawa serta temulawak diseduh dengan air mendidih. Dikonsumsi sehari satu kali.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KEDELAPAN (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah siapkan satu sendok makan daun meniran, 15 iris tipis temulawak, lima belas lembar daun sambiroto, lima belas daun remujung, satu gelas air.

Cara membuatnya yaitu semua bahan dicuci bersih. Kemudian semua bahan tersebut direbus sampai mendidih. Setelah matang dapat diminum. Bisa juga tambahkan sedikit gula batu.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KESEMBILAN (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah sediakan daun ketepeng, sepotong kunyit, daun asam muda secukupnya.

Cara membuatnya yaitu semua bahan-bahan dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian tempelkan di bagian yang sakit.

- RAMUAN TRADISIONAL ALAMI KESEPULUH (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT EKSIM


Bahan-bahannya adalah siapkan sedikit kapur sirih serta daun sambiroto secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun sambiroto dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian campurkan sedikit kapur sirih. Aduk merata. Setelah itu, tempelkan pada bagian yang sakit lalu dibalut. Setiap pagi maupun sore hari bersihkan menggunakan air bangat, lalu dibalut lagi. Daun sambiroto yang digunakan harus masih segar.

Demikian beberapa ramuan obat tradisional (herbal) untuk mengatasi penyakit eksim.

TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: