jadwal-sholat

OBAT SUSAH BUANG AIR BESAR (SEMBELIT) TRADISIONAL DAN ALAMI (OBAT PENCAHAR ALAMI)

MENGOBATI (MENGATASI) SEMBELIT (SULIT BUANG AIR BESAR) DENGAN CARA HERBAL

obat sembelit tradisionalMasalah sembelit pernah kami bahas di blog ini yaitu di laman Info Kesehatan dangan judul CARA MENGATASI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR). Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sembelit bukanlah tergolong penyakit, melainkan hanyalah isyarat terjadinya kesalahan dalam pola hidup kita. Mengingat bahwa sembelit (sulit buang air besar) merupakan masalah pencernaan, maka yang menjadi titik perhatian kita dalam mengatasinya adalah dengan memperbaiki pola makan dan menu makanan.

Makanan – makanan berserat tinggi, seperti yang ada pada sayur – sayuran hijau serta buah – buahan, merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan dalam mengatasi masalah sembelit (sulit buang air besar). Karena serat merupakan nutrisi yang berfungsi menjaga kadar air di dalam usus, agar kotoran tidak mengeras sekaligus berfungsi melancarkan jalan bagi kotoran yang mau keluar. Jadi dengan memperbanyak makanan berserat tinggi akan membantu mengatasi gangguan pencernaan, utamanya sembelit. Disamping itu, serat juga berguna sebagai penyerap kolesterol secara alami dan menyerap asam empedu di usus untuk dikeluarkan bersama sama dengan kotoran. Selain serat, yang dibutuhkan oleh penderita sembelit (sulit buang air besar) adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C yang banyak terdapat pada buah – buahan, seperti tomat, jeruk, mangga dan lain sebagainya.

RAMUAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI SUSAH BUANG AIR BESAR (SEMBELIT)

Menyepelekan masalah sembelit bukanlah cara yang bijak, karena meskipun bukan tergolong permasalahan yang besar, namun jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan yang serius, justru akan menimbulkan penyakit – penyakit lainnya seperti penyakit wasir (ambeien), varises dan lain - lain. Sebagian dari kita terlalu bergantung pada obat pencahar dalam menangani masalah ini, yang tentunya apabila tidak sesuai dosis yang dianjurkan, maka bisa – bisa akan kebablasan berubah menjadi penyakit diare (mencret). Jika demikian, dan terus dibiarkan maka akan banyak cairan tubuh keluar. Ujung – ujungnya bisa mengalami dehidrasi (kurang cairan tubuh). Oleh sebab itu, bukan berarti melarang penggunaan obat pencahar, namun sebaiknya jangan sampai terlalu bergantung pada sistem



pengobatan seperti itu. Oleh sebab itu, jalan yang terbaik adalah segeralah dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat serta perbaikilah pola makan dan menu makanan yang kaya akan serat dan vitamin seperti yang ada pada sayur – sayuran hijau serta buah – buahan. Cara berikutnya adalah melakukan kegiatan olah raga secara rutin. Dan yang tak kalah pentingnya adalah mencoba beberapa ramuan tradisional (herbal), alami dalam mengobati masalah sembelit ini, karena dengan begitu kita tidak lagi khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan akibat over dosis atau efek – efek lain dari bahan – bahan kimia suatu obat. Oleh sebab itu, berikut kami rangkumkan beberapa resep (jamu) tradisional (herbal) untuk mengatasi (mengobati) “penyakit” sembelit (susah buang air besar) sebagaimana di bawah ini :

- RAMUAN PERTAMA, CARA ALAMI MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah siapkan adas tiga butir, kulit batang pulosari ½ jari, daun jambu biji muda tiga lembar dan air untuk merebus dua gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu bahan terlebih dahulu dicuci bersih. Kemudian bahan tersebut direbus sampai mendidih. Biarkan airnya menjadi satu gelas. Setelah itu, angkat serta disaring. Dikonsumsi satu kali sehari sebanyak satu gelas. (dosis untuk remaja/dewasa).

- RAMUAN KEDUA, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah sediakan daun lidah buaya ½ batang, madu satu sendok makan serta air mendidih ½ gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu daun lidah buaya dikupas. Lalu lidah buaya tersebut dicuci bersih. Kemudian diiris kecil-kecil. Setelah itu, diseduh menggunakan air mendidih, masukkan madu kedalamnya. Aduk rata. Dikonsumsi dalam keadaan hangat sehari dua kali.

- RAMUAN KETIGA, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah siapkan akar bunga matahari sebanyak 15-30 gram dan air untuk merebus secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu akar bunga matahari dicuci bersih. Lalu direbus hingga mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi.

- RAMUAN KEEMPAT, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah sediakan temulawak satu rimpang, gula kelapa satu potong dan tiga buah mata asam serta air mendidih secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaituterlebih dahulu temulawak dipotong tipis. Lalu temulawak dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah itu, seduh semua bahan yang tersedia menggunakan air mendidih. Kemudian saring dan dapat langsung dikonsumsi.

- RAMUAN KELIMA, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah siapkan mengkudu masak dua buah dan sedikit garam.

Cara membuat ramuannya yaitu mengkudu dicuci bersih lalu mengkudu diparut. masukkan sedikit garam kedalam parutan mengkudu. Aduk rata. Kemudian diperas untuk diambil airnya. Air perasan disaring menggunakan kain bersih. Air tersebut dapat dikonsumsi.

- RAMUAN KEENAM, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah sediakan buah nanas dan buah pepaya.

Cara membuat ramuannya yaitu buah nanas serta buah buah pepaya dikupas lalu dicuci bersih. Kemudian buah nanas dan buah pepaya dibuat jus. Jus nanas atau jus pepaya dikonsumsi satu jam sesudah makan atau pada saat perut masih kosong.

- RAMUAN KETUJUH, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah siapkan daun saga ½ genggam, gula aren 3 jari, ½ jari rimpang kunyit, daun pegagan ½ genggam, ½ jari rimpang temulawak, daun jinten 5 lembar, daun iler 5 lembar serta air untuk merebus 4 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu semua bahan terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat serta biarkan air dingin. Kemudian air disaring. Dikonsumsi sehari dua kali masing-masing satu gelas.

- RAMUAN KEDELAPAN, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah sediakan gula aren satu potong dan air hangat satu cangkir.

Cara membuat ramuannya yaitu masukkan gula aren kedalam secangkir air hangat. Aduk hingga merata. lalu dapat langsung dikonsumsi.

- RAMUAN KESEMBILAN, CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR BESAR)

Bahan-bahannya adalah buah kacapiring tiga buah dan air dua gelas untuk merebus.

Cara membuat ramuannya yaitu buah kacapiring dicuci bersih. Lalu buah kacapiring direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi satu gelas. Minum air rebusan tersebut.
Demikian beberapa ramuan tradisional (herbal) untuk mengobati sembelit yang bisa kami bagikan kepada anda sekalian, semoga memberikan manfaat. Silakan baca juga artikel kami lannya, yaitu “ OBAT DISENTRI ALAMI” atau artikel terkait lainnya “ RAMUAN TRADISIONAL MENGOBATI PENYAKIT MAAG

Related Post: