OBAT KEJANG DEMAM (STEP) PADA ANAK (BALITA) TRADISIONAL DAN ALAMI

CARA ALAMI (TRADISIONAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM PADA ANAK (BAYI)

obat tradisional (herbal) untuk kejang demamSeringkali kita menyaksikan seorang anak kecil atau bayi (balita) menangis keras dikarenakan panas tinggi yang diikuti dengan kejang – kejang. Ciri – ciri penyakit ini hampir mirip dengan gejala epilepsi (ayan). Namun dalam kesempatan kali ini, yang akan kita bicarakan bukanlah penyakit epilepsi, melainkan kejang demam (febrile convulsion). Namun bagi anda yang menginginkan untuk mengetahui apa itu penyakit epilepsi dan ciri – cirinya bisa di klik Gejala-Gejala (Ciri-Ciri) Penyakit Epilepsi (Ayan), atau jika anda membutuhkan ramuan obat tradisional untuk mengobati epilepsi (ayan) bisa juga klik Ramuan Obat Tradisional (herbal) Mengobati Penyakit Epilepsi (Ayan).

Kejang demam adalah kejang yang dibarengi dengan demam tinggi yang biasa menimpa anak anak balita atau bayi, dimana pada penyakit ini tidak ditemukan gangguan saraf atau infeksi susunan saraf pusat (bandingkan dengan gejala epilepsi, karena inilah salah satu perbedaannya). Penyebab penyakit kejang demam belum diketahui secara pasti, namun penyakit ini berkaitan erat dengan demam yang diderita pada si anak (lihat artikel kami mengenai demam dan cara penanggulangannya atau klik Ramuan Obat Tradisional (Herbal) Untuk Menurunkan Panas (Demam)). Mengingat bahwa



kejang demam sering kali dijumpai pada satu keluarga, maka patut diduga pula bahwa kejang demam berhubungan dengan faktor keturunan. Disamping itu, penyakit ini bisa ditimbulkan karena penyakit lain, seperti penyakit herpes, meningitis atau bisa terjadi karena keracunan.

GEJALA GEJALA (CIRI – CIRI) PENYAKIT KEJANG DEMAM

Penyakit kejang demam (febrile convulsion) biasanya memiliki beberapa tanda – tanda atau gejala – gejala sebagai berikut :

1. Terjadinya kejang pada anak balita (bayi)

2. Suhu tubuh meningkat (demam tinggi)

3. Merasa pusing atau sakit kepala

4. Tidak sadarkan diri atau mengalami pingsan selama kurang lebih setengah menit sampai lima menit.

5. Nafas terasa sesak, mirip penyakit asma

6. Amnesia (tidak dapat mengingat)

7. Mudah merasakan kantuk

8. Terjadi kontraksi pada otot

9. Rahang (gigi) tertutup, serta

10. Pipi ataupun lidah penderita biasanya tergigit

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI (MENGATASI) KEJANG DEMAM (STEP)

Untuk mengatasi atau mengobati penyakit kejang demam, berikut kami berikan beberapa resep jamu tradisional (herbal) dan alami yang dipercaya bisa menjadi obat untuk penderita kejang demam. Resep - resep (ramuan) tersebut antara lain :

- RAMUAN PERTAMA, CARA TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM (STEP)

• Bahan-bahannya adalah siapkan daun kembang coklat sebanyak 15-20 gram serta sedikit gula batu.

Cara membuatnya yaitu daun kembang coklat terlebih dahulu dicuci bersih. Setelah itu, daun kembang coklat direbus hingga mendidih. Lalu masukkan gula batu. Air rebusan tersebut dapat diminum.

• Atau dengan cara daun kembang coklat tersebut dilumatkan. Lalu campurkan sedikit garam. Kemudian dapat ditempelkan pada pelipis.

- RAMUAN KEDUA, CARA TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM (STEP)

Bahan-bahannya adalah sediakan bunga teratai kerdil sebanyak 6-15 kuntum dan air untuk merebus tiga gelas.

Cara membuatnya yaitu bunga teratai kerdil terlebih dahulu dibersihkan. Setelah itu, direbus sampai mendidih, biarkan hingga airnya menjadi dua gelas. Lalu angkat dan dinginkan kemudian disaring. Air rebusan dapat diminum.

- RAMUAN KETIGA, CARA TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM (STEP)

• Bahan-bahannya adalah siapkan daun inggu yang masih segar sebanyak 14-20 gram dan air dua gelas untuk merebus.

Cara membuatnya yaitu daun inggu terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Lalu daun inggu direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi satu gelas. Angkat dan dinginkan. Kemudian disaring. Dikonsumsi sehari dua kali setiap pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas.

• Atau dengan cara siapkan daun inggu sebanyak sepuluh lembar dan cuka secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun inggu dicuci bersih. Lalu daun inggu dihaluskan. Setelah itu,campurkan cuka secukupnya kemudian aduk hingga merata. Digunakan sebagai kompres, caranya yaitu tempelkan pada pelipis atau ubun-ubun penderita. (untuk pemakaian luar tetapi tidak dianjurkan pemakaian yang terlalu banyak karena herbal tersebut rasanya pedas/panas sehingga jika terlalu banyak dapat menyebabkan kulit bisa memerah, bisa juga membengkak)

- RAMUAN KEEMPAT, CARA TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM (STEP)

Bahan-bahannya adalah sediakan daun pandan yang masih segar sebanyak tiga lembar dan air tiga gelas untuk merebus.

Cara membuatnya yaitu daun pandan dicuci hingga bersih. Kemudian daun pandan direbus sampai mendidih. Biarkan airnya menjadi dua gelas. Setelah itu, angkat dan dinginkan serta disaring. Dikonsumsi sehari dua kali setiap pagi maupun sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.

- RAMUAN KELIMA, CARA TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI KEJANG DEMAM (STEP)

Bahan-bahannya adalah siapkan daun lenglengan satu genggam dan garam serta air secukupnya.

Cara membuatnya yaitu daun lenglengan dicuci bersih. Setelah itu, daun lenglengan dilumatkan hingga halus. Lalu campurkan garam serta air kedalamnya. Aduk hingga merata. kemudian usapkan atau oleskan pada badan penderita.

Demikian beberapa resep (ramuan) jamu tradisional (alami) yang INSYAALLAH berguna mengatasi kejang demam, khususnya bagi anak balita (bayi). semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami tentang TIPS – TIPS (CARA) MERAWAT BAYI PREMATUR

Related Post: