jadwal-sholat

OBAT ALAMI (TRADISIONAL) PENGHILANG KETOMBE MEMBANDEL

OBAT ALAMI (TRADISIONAL) PENGHILANG KETOMBE MEMBANDEL

obat penghilang ketombeMeskipun kelihatannya sepele, namun ketombe merupakan masalah yang sangat serius bagi sebagian orang. Karena, selain rasanya yang sangat gatal, ketombe juga sangat mempengaruhi seseorang dalam berpenampilan. Orang yang terserang ketombe sangat parah, biasanya tangannya tidak bisa diam, dan terus selalu menggaruk – garuk kepalanya, bahkan terkadang sampai melukai kulit kepala alias lecet. Jika sudah demikian, maka baju yang dipakainyapun akan penuh dengan kotoran – kotoran berwarna putih hasil dari garukan tangan pada kulit kepalanya yang terkelupas (ketombe). Terlebih lagi, apabila penderita ketombe mengenakan baju berwarna hitam (gelap), sehingga hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan membikin malu orang yang berketombean. Karena itulah, pentingnya menjaga kesehatan kulit rambut (bersih dari ketombean) agar penampilan seseorang dapat terpelihara sempurna yang pada gilirannya akan membangkitkan rasa percaya diri yang tinggi. Pada dasarnya, ketombe atau istilah ilmiahnya adalah pityriasis capitis merupakan kulit kepala yang mati, terkelupas melebihi batas normal (pengelupasan kulit secara berlebihan). Jadi sebenarnya, pengelupasan kulit kepala merupakan proses alami yang wajar dan normal dialami oleh setiap orang. Hanya saja, pada kondisi normal, proses pengelupasan kulit kepala terjadi dengan sangat terukur dan berkala. Berbeda dengan seseorang yang mengalami ketombean, maka proses pengelupasan dan penggantian kulit kepala berlangsung sangat cepat dan banyak (berlebih). Dalam keadaan normal, sel – sel kulit kepala paling luar akan terdorong ke atas dan terkelupas keluar kemudian mati, seiring dengan pertumbuhan kulit kepala itu sendiri. Proses ini terjadi pada setiap orang dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan dengan jumlah sedikit (wajar). Sedangkan jika seseorang mengalami ketombean, maka proses pengelupasan dan penggantian kulit kepala ini bisa berlangsung secara cepat, mungkin dua minggu sekali atau bahkan lebih cepat dari itu, serta jumlah kulit yang terkelupas bisa sangat banyak melebihi kondisi normal. Kulit kepala yang mati inilah yang kemudian akan mengumpul pada kulit kepala, warnanya putih, serta rasanya sangat gatal, itulah yang dinamakan dengan ketombe.

FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA KETOMBE PADA RAMBUT KEPALA

Ada beberapa yang menjadi sebab – sebab timbulnya ketombe di kulit rambut kepala seseorang. Sebab – sebab itu antara lain : 1. Jenis kulit kepala tergolong sangat berminyak (berminyak berlebihan). Jenis kulit kepala yang berminyak secara berlebihan akan memicu tumbuhnya jamur di kepala, sehingga akan mendorong proses pengelupasan kulit kepala secara berlebih. 2. Jenis kulit kepala tergolong sangat kering. Jenis kulit kepala yang tergolong sangat kering juga berpotensi besar menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit kepala. 3. Mengalami tekanan mental (mempunyai banyak masalah) 4. Penggunaan samphoo yang kurang sesuai dengan kondisi atau jenis kulit kepala. 5. Sangat jarang membersihkan rambut (keramas) 6. Rambut kepala kurang mendapatkan nutrisi penting bagi kesehatan rambut (kekurangan mineral zinc) 7. Penggunaan perwarna rambut yang kurang sesuai dengan kondisi kulit kepala sehingga mengakibatkan peradangan kulit (dermatitis)

CARA MENGATASI (MENGHILANGKAN) KETOMBE DENGAN RAMUAN TRADISIONAL, ALAMI (HERBAL)


Meskipun tampak remeh, namun teknik untuk menghilangkan (mengobati) ketombe memang sangat sulit. Terkadang seseorang telah melakukan berbagai cara dalam mengatasi



(mengobati) ketombe atau telah menggunakan obat penghilang ketombe tertentu, baik obat penghilang ketombe tradisional (alami), maupun obat ketombe kimia yang banyak dijumpai di toko - toko obat (apotik), namun ketombe - ketombe itu tetap saja membandel. Tetapi jangan cepat putus asa, cobalah beberapa dari ramuan tradisional (herbal) berikut ini yang dipercaya bisa menghilangkan (mengatasi) ketombe yang membandel. Resep - resep tersebut antara lain:

- Cara pertama mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah siapkan buah nanas matang seperempat dan jeruk nipis satu buah. Cara membuatnya yaitu buah nanas dikupas, lalu buah nanas dicuci bersih. Setelah itu, buah nanas diparut. Kemudian parutan nanas diperas dan saring. Masukkan air perasan jeruk nipis kedalam air perasan nanas. Diaduk hingga merata. Digunakan untuk dioleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Kerjakan seminggu 2-3 kali. Sebaiknya dikerjakan pada malam hari menjelang tidur dan pada esok harinya rambut dibersihkan atau keramas.

- Cara kedua mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah sediakan jeruk nipis satu buah. Cara menggunakan yaitu jeruk nipis diiris lalu ambil airnya dengan cara diperas. Gosokkan air perasan jeruk nipis tersebut pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu 20-30 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas. Untuk perawatan kerjakan dua sampai tiga kali.

- Cara ketiga mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah siapkan buah lemon dua biji. Cara menggunakannya yaitu buah lemon diiris lalu diperas untuk diambil airnya. Air perasan buah lemon diusapkan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Biarkan dalam waktu 20 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa.

- Cara keempat mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah sediakan minyak zaitun secukupnya dan kunyit dua rimpang. Cara membuatnya yaitu kunyit diparut. Lalu tambahkan minyak zaitun panas kedalam parutan kunyit. Aduk sampai merata. Oleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe ( kulit kepala sudah dibasahi). Diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa menggunakan sampo.

- Cara kelima mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah siapkan air kelapa satu setengah gelas, nanas seperempat buah, jeruk nipis satu buah dan buah kelapa tua setengah butir. Cara membuatnya yaitu nanas serta buah kelapa diparut untuk diambil airnya. Campurkan air kelapa dan perasan jeruk nipis ke dalam campuran air nanas dan kelapa. Diaduk sampai merata. Setelah itu, usapkan pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu lima belas menit. Kemudian rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Kerjakan satu kali dalam seminggu.

- Cara keenam mengatasi (menghilangkan) ketombe dengan ramuan tradisional, alami (herbal)

Bahan-bahannya adalah sediakan buah apel yang sudah dilumatkan sebanyak dua sendok makan serta air hangat dua sendok makan. Cara membuatnya yaitu masukkan air hangat kedalam buah apel, aduk hingga merata. Kemudian usapkan campuran tersebut pada bagian kulit kepala yang berketombe sambil dipijit. Biarkan selama lima belas menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Demikian beberapa cara tradisional alami (herbal) untuk mengatasi (menghilangkan) ketombe membandel, semoga bermanfaat.

Related Post: