jadwal-sholat

TIPS - TIPS (CARA) MERAWAT KULIT WAJAH

TATA CARA MERAWAT KULIT WAJAH


Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting bagi kita. Penampilan seseorang sangat tergantung pada kondisi paras wajah. Jika wajah bersih, maka penampilan pasti akan lebih menarik, sebaliknya, jika wajah tampak kusam dan kotor maka penampilanpun akan terlihat kurang sempurna. Untuk itu diperlukanlah cara – cara merawat kulit wajah agar wajah tampak bersih bersinar, salah satunya dengan melakukan rias wajah. Rias wajah memang dapat membuat kulit tampak lebih licin serta wajah menjadi cantik. Tetapi walau bagaimanapun kulit harus sehat, agar memperoleh penampilan yang maksimal. Kulit yang sehat diperoleh hanya dengan perawatan rutin sehari-hari. Terutama jika wanita menginjak dewasa.

FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN KULIT

kulit wajahAda beberapa faktor penyebab terjadinya kerusakan kulit pada wajah, seperti kulit terasa kasar, BERJERAWAT, tampak timbunan lemak serta kerusakan – kerusakan kulit lainnya. Faktor – faktor tersebut antara lain :

- Berat tubuh mengalami naik turun


Berat tubuh kadang naik, kadang turun secara drastis dapat merusak penampilan. Ini disebabkan perubahan berat tubuh dari gemuk ke kurus menyebabkan lenyapnya lapisan lemak yang menyangga tubuh secara tiba-tiba, sehingga kulit menjadi kendur. Dengan mengurangi berat badan secara pelan-pelan, bertahap, maka kulit dapat menyesuaikan diri.

- Suhu di dalam pesawat udara


Tempat paling membuat kulit menjadi kering adalah di dalam pesawat terbang.

- Gangguan psikis (Stres)


Bila mengalami masalah, kita menjadi tegang, kening berkerut serta tidak bisa tidur. Stres menyebabkan kelenjar tubuh mengeluarkan hormon - hormon tertentu yang menghambat kelancaran peredaran darah ke kulit. Bernafas dalam – dalam serta lama dapat membantu mengembalikan oksigen ke kulit.

- Jam tubuh tidak teratur


Ritme jam tubuh (berhubungan dengan jadwal kehidupan sehari-hari) yang tidak teratur mempengaruhi kecantikan kulit. Sebab ketidakteraturan mempengaruhi keseimbangan hormon. Semua ini menyebabkan noda-noda pada kulit, pengurangan kelembaban dan minyak yang diperlukan oleh kulit.

- Gerakan - gerakan di wajah


Sebaiknya menyadari begaimana wajah ketika mengekspresikan diri. Gerak-gerik yang menjadi kebiasaan, misalnya mengerutkan kening ketika berbicara akan meninggalkan garis-garis wajah.

- Keringat


Memang benar, bahwa latihan tubuh membantu membuat sehat dan bugar. Tetapi keringat dapat meninggalkan lapisan garam pada kulit yang merampas pelembab vital dari kulit.

- Pakaian dalam terbuat dari nilon


Pakaian dalam dari bahan nilon menahan penguapan hingga kulit menjadi lembab serta bakteri ataupun jamur mudah tumbuh dan berkembang. Akibatnya kulit menjadi luka atau



tumbuh biang keringat. Pakaian dalam terbuat dari bahan katun adalah pilihan terbaik.

- Tangan


Apakah membubuhkan make-up atau krem pembersih dengan kasar menggunakan tangan? Latihlah tangan agar memperlakukan kulit wajah dengan lembut serta dengan gerakan selalu kea rah atas, ke sisi luar wajah, atau dengan memutar seperti arah jarum jam. Menarik kulit atau menggosok dengan keras sangat merugikan kulit. Begitu pula jerawat akan semakin buruk keadaannya bila dipegang-pegang dengan tangan.

- Ruangan ber AC


Ruangan ber-AC bisa membuat shock kulit. Ini karena suhu buatan berbeda dengan suhu serta kelembaban di luar ruangan.

- Polusi dan sinar matahari


Polusi meninggalkan zat-zat kimiawi pada kulit yang merampas kelembaban alami kulit. Sinar matahari pun mengakibatkan hal sama.

- Faktor keturunan


Bila orang tua dan keluarga dekatnya memiliki keriput pada usia relatif muda, maka besar kemungkinan keriput dini merupakan faktor keturunan (biasanya kulit cepat keriput mempunyai jenis kulit kering).

TAHAPAN – TAHAPAN MERAWAT KULIT WAJAH


Setelah kita mengetahui penyebab rusaknya wajah kita, maka berikutnya adalah bagaimana cara atau tahapan – tahapan dalam merawat kulit wajah dengan benar agar kita mendapatkan hasil maksimal. Setidaknya, ada tiga tahapan merawat kulit wajah, yaitu antara lain:

1. Merawat kulit wajah menggunakan krem pembersih


Krem pembersih berupa emulsi biasanya berisi minyak mineral dan susu. Bubuhkan merata pada wajah, setelah itu lakukan mesase ringan sebentar dengan arah ke atas dan luar wajah. Selain mengangkat sisa-sisa make up serta menempelnya debu - debu, gerakan mengusap juga membantu memperlancar peredaran darah serta mengencangkan otot-otot halus pada kulit wajah. Sabun juga sering digunakan sebagai pembersih kulit wajah. Hanya saja harus sabun yang memang dibuat khusus untuk itu, dengan formula mendekati kelembaban kulit sealami mungkin. Sebaliknya sabun biasa bisa membuat kulit kering. Sabun biasa ini sering mengandung pewangi tidak penting untuk kulit wajah serta dapat menyebabkan reaksi sensitif bila terkena sinar matahari.

2. Merawat kulit wajah menggunakan cairan penyegar


Cairan penyegar atau face tonik mengandung antara lain air bunga mawar, alkohol dan glyserin. Setelah pemakaian krem pembersih, menyusul cairan penyegar untuk menyegarkan kulit serta mengangkat sisa-sisa krem pembersih. Cairan penyegar ini juga berfungsi menutup kembali pori-pori menganga setelah wajah dibersihkan dengan krem pembersih. Bubuhkan pada kapas steril dan tepuk-tepukan ringan pada wajah, daerah leher serta telinga. Setelah itu usap perlahan arah ke atas dan ke sisi luar wajah. Lakukan dua tiga kali sampai kapas terlihat bersih betul.

3. Merawat kulit wajah menggunakan krem pelindung


Gunakan krem pelindung matahari atau sun-screen jika akan bepergian di siang hari. Oleskan tipis-tipis sebelum membubuhkan alas bedak. Tunggu sesaat dan keringkan sisanya menggunakan kertas tisue. Setelah cairan penyegar, dapat membubuhkan krem pelembab, terutama untuk sekeliling mata, sekitar mulut, serta leher. Tunggu sejenak sampai krem pelembab meresap ke dalam kulit. Setelah itu baru kenakan alas bedak.
Krem pelembab ini membantu mengembalikan kelembaban kulit, setelah kulit terkena udara atau angin kering, AC, atau bahan kosmetik rias. Sangat dianjurkan bagi wanita usia menjelang senja, dimana kulit sudah sedikit sekali memproduksi lemak.

Perlu diingat, jika kulit wajah sedang BERJERAWAT hebat, diperlukan konsultasi dengan dokter lebih dahulu sebelum menggunakan produk kosmetik tertentu. Mencuci kulit wajah menggunakan air sabun, bisa saja dilakukan sejauh itu memang tidak mengganggu kulit serta memang sudah menjadi kebiasaan. Tetapi tetap harus dijaga kelembaban kulit dengan membubuhkan krem pelembab. Tetapi harus diingat, bahwa dalam pemakaian alat – alat kosmetik, perlu diteliti betul – betul. Apakah kosmetik tersebut palsu apa tidak, apakah bahan pembuatannya mengandung mercuri atau zat – zat berbahaya lainnya apa tidak. Tak kalah pentingnya, bahkan terpenting, adalah apakah bahan - bahan pembuatan kosmetik tersebut mengandung bahan – bahan yang diharamkan agama atau tidak. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat. Demikian tips - tips (cara) dari kami dalam merawat kulit wajah agar tetap bersih, halus, kencang dan indah. Semoga memberikan manfaat. (Baca juga artikel terkait : (RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENJAGA KULIT DAN WAJAH TETAP HALUS)


TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: