jadwal-sholat

JENIS - JENIS CACING PENYEBAB PENYAKIT CACINGAN

GEJALA PENYAKIT CACINGAN

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang sering menyerang manusia. biasanya penderita mengalami mual, nafsu makan berkurang, nyeri ulu hati dan sebagian penderita terkadang merasakan gatal di tempat pembuangan. Sehingga sangat merugikan bagi manusia.

Kondisi ini kadang diperparah lagi oleh pengetahuan minim sebagian masyarakat tentang penyakit cacingan. Bahkan sebagian masyarakat ada yang menyepelekan penyakit cacingan



ini.Biasanya, manusia yang diserang penyakit cacingan ini, tubuh terlihat menjadi lebih kurus dan lemah, bahkan tubuh bisa menjadi kejang, kurang bergairah dan terkesan kurang makan, meskipun sebenarnya terkadang penderita telah memakan makanan dalam jumlah banyak. Hal ini lebih dikarenakan cacing - cacing itu menyerap nutrisi makanan yang ada pada tubuh penderita, terkadang juga menyerap darah penderita.Hal ini bisa mengakibatkan aktifitas kerja sehari - hari bisa terganggu.

MACAM MACAM CACING PENYEBAB PENYAKIT CACINGAN

Ada beberapa macam cacing yang biasa berada dalam tubuh manusia dan mengganggu kesehatan. Macam-macam cacing antara lain :
- Cacing kremi (enterobius vermicularis )
- Cacing tambang (ancylostoma duodenale atau necator americanus )
- Cacing pita ( taeniasis )
- Cacing gelang (ascaris lumbricoides )

Cacing-cacing tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman dan bisa juga melalui kulit. Di dalam tubuh, cacing-cacing ini menyerap nutrisi pengidapnya. Cacing kremi berwarna putih kecil seperti ampas kelapa. Dia keluar di anus pada malam hari untuk bertelur. Keadaan ini menyebabkan gatal di anus sehingga terkadang penderitanya terganggu tidurnya. Cacing tambang bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit saat seseorang bermain di tanah atau pasir yang lembab tanpa alas kaki. Di dalam tubuh, cacing ini menghisap darah. Semakin banyak jumlah cacing tambang dalam tubuh, maka semakin banyak darah yang dihisap sehingga penderita tampak pucat (anemia), kurang gizi, lemah fisik bahkan dapat menyebabkan gangguan jantung. Di kulit penderita kadang tampak guratan-guratan merah. Cacing pita masuk ke dalam tubuh melalui daging yang tercemar.

Hal ini akibat pemeliharaan ternak yang kurang baik dan pengolahan makanan yang kurang sempurna. Pengidap penyakit cacingan ini biasanya akan mengeluh mual, nyeri ulu hati, berat badan turun hingga kejang akibat penjalaran ke otak.

BAHAYA PENYAKIT CACINGAN

penyakit cacinganPerlu diketahui bahwa penyakit cacingan bisa menjadi ancaman bagi jiwa manusia. Karena penyakit cacingan bisa menyerangjantung (penyakit jantung), jika tidak segera ditangani. Adapun cacing yang paling sering menimbulkan infeksi dalam tubuh manusia adalah cacing gelang. Cacing gelang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang
terkontaminasi atau tangan kotor dan terdapat telur cacing. Cacing ini dapat bertelur hingga 200.000 (dua ratus ribu) per hari. Bisa kita dibayangkan, betapa cepat perkembangan cacing ini.

Banyak dari jenis cacing ini bisa berakibat terganggunya gerakan usus hingga timbul mual, perut membuncit, sementara badan tampak kurus kering karena kurang gizi dan kurang vitamin. Adapun apabila badan kurus kering (sangat kurus), padahal makannya banyak ,maka bisa pula kalori yang ada digunakan untuk aktifitas berlebihan (hiperaktif) dan biasanya anak seperti ini sehat dan jarang sakit. Untuk memastikan ada tidaknya cacing dalam tubuh, perlu dilakukan pemeriksaan feses (kotoran). Pemeriksaan ini bisa dilakukan rutin setiap 6 (enam) bulan sekali. Apabila dalam satu keluarga ada yang terjangkit penyakit cacingan ini,maka sebaiknya keluarga lainnya juga perlu diperiksa. Pengobatan penyakit cacingan ini dapat dilakukan secara berkala dengan obat-obatan berisi pirantel pamoat atau mebendazole atau albendazole dengan dosis sesuai dengan aturan.Dengan demikian diharapkan dengan artikel singkat ini, masyarakat bisa lebih waspada lagi terhadap penyakit cacingan ini sehingga dapat dilakukan pencegahan dini terhadap penyakit cacingan, dan kesehatan masyarakat luas bisa tercipta. (Baca juga artikel : OBAT TRADISIONAL (HERBAL) UNTUK MENGOBATI PENYAKIT CACINGAN)

Related Post: