TIPS TIPS (CARA) MENGHILANGKAN BELANG PADA KULIT

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN BELANG PADA KULIT?


belang pada kulitKita kadang merasa risih jika di kulit kita terdapat bekas luka hingga pada akhirnya menjadi belang. Karena belang akan menganggu penampilan, dan juga kadang kita bingung untuk bisa menghilangkan belang (flek hitam) tersebut. Kita juga tidak mau salah pilih dalam memilih obat, apalagi obat-obatan belang yang mungkin ada efek sampingnya. Untuk itu, akan dibahas tentang cara menghilangkan (mengatasi) belang pada kulit secara alami. Karena pengobatan alami penghilang belang ini tidak ada efek sampingnya.

ADA 2 CARA KERJA OBAT PENGHILANG BELANG KARENA LUKA GATAL :


1. Mengeluarkan kotoran yang mengendap dalam belang dengan penguapan atau meluruhkannya


Cara paling mudah untuk mengilangkan belang pada kulit adalah dengan menggunakan kunyit yang dibakar. Ambil kunyit yang masih segar, bersihkan lalu bakar ( bisa juga dengan cara dipanggang ) sampai agak gosong, biarkan sebagian cairan kunyit keluar. Setelah kunyit agak gosong, angkat dan tiriskan sehingga panasnya seperti hangat-hangat kuku. Setelah dirasa cukup, tempel-tempelkan kunyit pada belang kulit dalam waktu agak lama, minimal 3 menit.

Jika dalam beberapa waktu kunyit sudah dingin, kunyit harus dibakar lagi. Pertahankan



panas kunyit seperti hangat-hangat kuku atau lebih panas sedikit. Intinya kunyit harus lebih panas dari yang pertama, tapi jangan sampai membuat kulit melepuh. Ulangi pembakaran serta penempelan kunyit secara berulang.

Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai satu pekan. Setelah itu tunggu hasilnya dalam dua pekan. Jika ternyata hasilnya masih kurang memuaskan, maka terapi harus diulang dan berhenti kembali dalam satu minggu kemudian tunggu hasilnya dalam dua minggu, begitu seterusnya.

2. Mengganti jaringan kulit


Cara kedua menghilangkan belang pada kulit adalah dengan mengganti jaringan kulit. Maksudnya adalah dengan cara membuat luka baru di sekitar dan di atas kulit yang ada belangnya. Cara melukai kulit bisa menggunakan pisau ataupun benda tajam yang lainnya. Caranya dengan mengiris tipis daging yang ada belangnya ( kedalamannya disesuaikan dengan kedalaman belang kulit ). Biasanya hasilnya akan memuaskan tapi rasanya juga sangat menyakitkan. Karena itu cara ini jarang sekali digunakan.

Selain membuka kulit dengan mengiris daging, masih ada cara sederhana lainnya, tapi cara ini membutuhkan waktu lebih lama. Yaitu dengan menggunakan obat-obatan herbal yang bersifat merusak jaringan kulit, misalnya daun encok ( sering disebut juga daun kitolok ) atau daun asam.

Caranya, ambil daun kitolok beberapa genggam, lalu tumbuk dan lumatkan sampai dirasa bisa menempel dan sedikit lengket ( tapi jangan sampai terlalu halus ). Cuci daerah yang ada belangnya dengan sabun, lalu bersihkan, Setelah itu, tempelkan daun kitolok yang sudah dilumatkan pada daerah belang kulit secara merata. Seluruh daerah yang ada belangnya harus tertutup permukaannya. Kalau perlu, ikat dengan kain. Tunggu beberapa menit ( biasanya sampai 45 menit, tergantung ketebalan kulit ).

Setelah itu, angkat dan lihatlah keadaan kulit, apakah kulit sudah hancur atau baru melepuh. Jika kulit baru melepuh seperti kulit tersiram air panas, maka daun tersebut dibungkus lagi. Tunggu dan lihatlah dalam waktu 5 menit berikutnya, atau jika sudah sangat panas bisa diangkat. Adapun jika kulit sudah hancur, sisa daun kitolok dibersihkan dari kulit, lalu cuci bersih. Setelah itu penanganannya seperti perawatan luka biasa.

Kedua cara ini memang sangat menyakitkan. Oleh sebab itu, sebelum menerapkan cara ini harus memperhatikan dan memperhitungkan faktor manfaat dan besar kecilnya luka. Semoga pembahasan mengenai "CARA MENGHILANGKAN BELANG PADA KULIT" ini ada manfaatnya buat kita semua, sehingga kita tidak lagi risih dengan belang-belang kulit di tubuh kita.Amin (Silakan dibaca juga artikel : " RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENJAGA KULIT DAN WAJAH TETAP HALUS ")

Related Post: