jadwal-sholat

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT LIVER (KUNING)

Penyakit liver atau biasa dikenal dengan penyakit kuning adalah penyakit yang biasanya ditandai dengan kulit tubuh berwarna kuning. Warna kuning yang ditimbulkan sebenarnya disebabkan karena adanya gejala sekumpulan penyakit yang mempengaruhi jaringan dan fungsi hati serta kandung empedu sehingga cairan empedu tidak bisa masuk ke dalam usus, melainkan langsung ke dalam darah serta keluar dengan air seni (kencing). Jadi cairan empedu dan darahlah penyebab warna kuning pada kulit tubuh,pada air kencing, bahkan di area warna putih pada bagian mata juga berwarna kuning. Sebaliknya, warna kotoran pada saat BAB (buang air besar) justru berwarna kuning muda atau bahkan seringkali hampir berwarna putih ke abu abuan. Hal ini dikarenakan tidak adanya atau sedikit sekali cairan empedu yang keluar bersama dengan kotoran saat BAB (buang air besar).

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT LIVER (KUNING)Perlu diketahui bahwa pada kondisi normal atau sehat, cairan empedu masuk melalui usus, kemudian dikeluarkan bersama kotoran saat buang air besar (BAB), sehingga pada saat kondisi sehat, maka warna kotoran kita berwarna kuning. Dengan demikian, menjadi jelas bahwa warna kuning pada kulit bukanlah penyakit tersendiri, melainkan sekumpulan penyakit yang memberikan pengaruh pada sel – sel atau struktur jaringan fungsi hati. Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit liver (kuning), diantaranya adalah adanya kelainan fungsi hati sejak lahir, karena adanya radang hati disebabkan oleh virus, karena pengaruh alkohol, karena menderita keracunan, karena adanya batu dalam kandung empedu serta karena sering kali minum obat – obatan kimia tertentu sehingga membawa efek racun pada hati.

Pada awalnya penderita penyakit liver (kuning) akan merasakan mual pada perutnya, nafsu makan berkurang, kepala terasa pusing serta badan mudah mengalami kelelahan. Biasanya sesudah satu minggu, kulit mulai menguning, air kencing berubah berwarna kuning tua (kecoklat – coklatan) seperti warna teh, warna putih pada mata juga lambat laun akan tampak berwarna kuning. Jika dalam kondisi parah, penderita penyakit liver (kuning) bisa mengalami muntah – muntah terus menerus, bahkan sampai muntah darah.

Oleh sebab itu, penderita penyakit liver (kuning) disarankan untuk memperbanyak



istirahat dan jangan bekerja terlalu lelah. Muntahan serta kotoran dari penderita penyakit kuning juga harus dibersihkan dengan sebersih – bersihnya agar tidak menular ke anggota keluarga lainnya. Penderita penyakit liver (kuning) harus banyak makan buah-buahan manis seperti sawo,pisang, pepaya atau jambu. Namun jangan memakan buah alpokat dan durian. Jika sudah mulai ada tanda – tanda terserang penyakit liver (kuning)atau hepatitis c, maka segeralah di bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat agar dapat diketahui secara pasti penyakitnya sehingga dapat langsung mendapatkan perawatan medis.

OBAT TRADISIONAL (HERBAL) UNTUK MENGATASI PENYAKIT LIVER (KUNING)


Sebagai upaya untuk membantu meringankan penderita liver (kuning), sebelum dibawa ke rumah sakit (masih di rumah), maka tidak ada salahnya apabila mencoba beberapa ramuan obat tradisional (herbal) untuk mengatasi penyakit liver (kuning) berikut ini :

- RAMUAN PERTAMA HERBAL MENGATASI SAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah sediakan mengkudu matang dua buah, gula batu satu potong dan madu secukupnya.

Cara membuatnya yaitu buah mengkudu terlebih dahulu diperas untuk diambil airnya. Setelah itu, semua bahan dicampur menjadi satu lalu diaduk sampai merata. Kemudian disaring. Dapat langsung dikonsumsi. Ulangi dua hari sekali.

- RAMUAN KEDUA HERBAL MENGATASI PENYAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah siapkan bangle sebanyak setengah jari, madu satu sendok makan serta air matang satu sendok makan.

Cara membuatnya yaitu bangle terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Setelah itu, bangle diparut. Kemudian parutan bangle dicampur air dan madu. Diaduk lalu diperas, kemudian disaring. Air tersebut dikonsumsi sehari dua kali.

- RAMUAN KETIGA HERBAL MENGATASI SAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah sediakan tiga lembar daun ngokilo masih segar.

Cara membuatnya yaitu daun ngokilo dicuci sampai bersih. Kemudian daun ngokilo dikonsumsi setiap hari sebagai lalapan.

- RAMUAN KEEMPAT HERBAL MENGATASI PENYAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah siapkan air kelapa hijau satu gelas, madu satu sendok makan serta gagang daun kelor sebanyak 3-7.

Cara membuatnya yaitu gagang daun kelor terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu gagang daun kelor tersebut ditumbuk sampai halus. Setelah halus, campurkan dengan air kelapa satu gelas. Kemudian disaring dan masukkan madu satu sendok makan kedalamnya. Diaduk sampai merata. Dikonsumsi sehari sekali.

- RAMUAN KELIMA HERBAL MENGOBATI SAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah sediakan daun pare sebanyak 15-30 gram.

Cara membuatnya yaitu daun pare terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian daun pare dapat direbus atau dibuat jus dan airnya dapat langsung diminum.

- RAMUAN KEENAM HERBAL MENGOBATI PENYAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah siapkan temulawak yang masih segar secukupnya.

Cara membuatnya yaitu temulawak dicuci bersih. Lalu temulawak diparut. Setelah diparut kemudian diperas untuk diambil airnya. Air perasan tersebut dikonsumsi sehari dua kali. Setiap sekali minum sebanyak satu sendok makan. Bisa juga ditambahkan sedikit gula batu.

- RAMUAN KETUJUH HERBAL MENGOBATI SAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah sediakan daun meniran satu sendok teh, temulawak yang sudah kering sebanyak kurang lebih 15 iris, gula jawa atau gula batu sedikit saja serta satu gelas air mendidih.

Cara membuatnya yaitu daun meniran dan temulawak diseduh dengan air mendidih. lalu tambahkan sedikit gula jawa atau gula batu. Aduk sampai merata. Dikonsumsi sehari dua kali sebanyak satu gelas.

- RAMUAN KEDELAPAN HERBAL MENGOBATI PENYAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah siapkan daun keji beling masih segar sebanyak tiga lembar.

Cara membuatnya yaitu daun keji beling dicuci sampai bersih. Daun keji beling dikonsumsi langsung setiap hari sebagai lalapan. Kerjakan secara teratur.

- RAMUAN KESEMBILAN HERBAL MENGOBATI SAKIT LIVER (KUNING)

Bahan-bahannya adalah sediakan air kelapa hijau muda segar dan madu secukupnya.

Cara membuatnya yaitu air kelapa hijau dicampur madu lalu diminum. Sehari satu buah kelapa. Dagingnya juga dapat dimakan, tetapi dilarang makan kelapa yang sudah tua.

Demikianlah beberapa ramuan obat tradisional (herbal) untuk mengatasi sakit liver (kuning), semoga bermanfaat. (baca juga artikel terkait : PENYAKIT HEPATITIS C)

Related Post: