CARA MENCEGAH DAN MENGATASI PENYAKIT REMATIK GOUT

Penyakit rematik gout merupakan penyakit paling mudah kambuh diantara sekian banyak jenis penyakit rematik. Terlebih lagi jika kita mengkonsumsi makanan kaya akan purin seperti melinjo, otak maupun jeroan. Akan tetapi sebagaimana penyakit rematik gout ini mudah kambuh, penyakit rematik gout ini sebenarnya mudah pula penanganannya.

MENGATASI PENYAKIT REMATIK GOUT

Rasa nyeri hebat di pangkal ibu jari kaki pada saat bangun tidur di pagi hari perlu diwaspadai. Karena bisa jadi itu merupakan pertanda seseorang terserang penyakit rematik gout. Gejala penyakit rematik gout ini memang khas, yakni rasa nyeri mendadak di pagi hari, padahal malam hari menjelang tidur badan masih terasa sehat. Terkadang rasa nyeri yang sangat hebat bisa mengakibatkan penderita penyakit rematik gout susah berjalan.

rematik goutGejala lain dari penyakit rematik gout ini adalah rasa sakit pada persendian disertai bengkak berwarna merah serta terasa panas bila disentuh. Kemudian dalam sehari semalam (24 jam), biasanya rasa nyeri itu mencapai puncaknya, kemudian dalam waktu 1 sampai 2 minggu berangsur – angsur reda, walaupun tidak mendapatkan pengobatan.

Akan tetapi hal itu bukan berarti penyakit rematik gout telah sembuh total. Karena penyakit rematik gout akan menyerang lagi pada tahun – tahun berikutnya, lalu sembuh lagi, kambuh lagi, sembuh lagi dan seterusnya. Jarak antara serangan penyakit rematik



gout dengan serangan penyakit gout berikutnya, semakin lama semakin pendek, sehingga masa kesakitan penderita penyakit rematik gout justru akan semakin panjang. Memang ada sebagian orang hanya mengalami penyakit rematik gout sekali saja selama hidupnya.

PENYAKIT REMATIK GOUT BERKAITAN ERAT DENGAN ASAM URAT DARAH

Penyakit rematik gout merupakan jenis penyakit yang berhubungan erat dengan asam urat darah. Mengapa demikian ? Karena penyakit rematik gout (arthritis pirai) adalah penyakit yang diakibatkan oleh timbunan kristal monosodium urat monohidrat (MSU) atau biasa disebut juga asam urat.
Penyakit rematik gout ini biasanya menyerang lebih banyak pada kaum pria dibanding kaum wanita. Akan tetapi pada wanita paruh baya, setelah mengalami masa menopause, biasanya juga relatif rawan terkena penyakit rematik gout ini.

Agar penyakit rematik gout ini tidak merembet ke penyakit lainnya, maka pengobatan terhadap penyakit rematik gout ini harus dilakukan secara rutin, teratur dan berkesinambungan. Karena jika tidak, maka dapat mengakibatkan komplikasi penyakit berat seperti timbulnya benjolan kecil berwarna pucat di bagian punggung lengan, sendi lutut, di daun telinga maupun pada urat besar di atas tumit (tenden Achilles) yang biasa disebut dengan istilah tofi. Tofi merupakan timbunan Kristal di jaringan ataupun persendian, sehingga bisa menyebabkan fungsi sendi mengalami gangguan. Tofi juga bisa menyebabkan koreng serta bisa mengeluarkan gumpalan seperti kapur yang mengandung Kristal MSU (asam urat). Biasanya tofi akan lebih mudah ditemukan pada penderita penyakit rematik gout setelah penderita penyakit rematik gout menderita selama 10 tahun. Akan tetapi pada usia muda, bisa juga ditemukan tofi, terutama bagi penderita penyakit rematik gout yang memiliki kadar asam urat darah tinggi. Atau bisa juga pada penderita penyakit rematik gout yang sering kali terserang penyakit rematik gout ini, tetapi tidak melakukan pengobatan.

PENYAKIT REMATIK GOUT BISA DICEGAH DENGAN DIET

Penyakit rematik gout, pada dasarnya bisa dicegah. Pola makan salah bisa menyebabkan munculnya atau kambuhnya penyakit rematik gout ini. Untuk itu pola makan harus diperhatikan. Diet makanan kaya akan purin atau tinggi kandungan kalorinya juga harus dijalankan. Menghindari makanan seperti melinjo, otak maupun jeroan harus senantisa dijaga secara ketat. Karena metabolisme purin inilah penyebab teradinya penyakit rematik gout.

Untuk mengetahui kondisi kadar asam urat darah kita, maka sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan labaroratorium. Kadar asam urat darah dikatakan normal jika kadar asam urat darah kita berkisar antara 3-7 mg%. Jadi kadar asam urat darah dikatakan tinggi jika nilainya lebih dari 7 mg%. Tetapi dalam jangka waktu lama, dengan membatasi makan - makanan mengandung purin, maka kadar asam urat darah dapat ditekan hingga sekitar 1-2 mg%. Tetapi jika kadar asam urat darah nilainya melebihi angka 9 mg%, maka harus dilakukan pengobatan lebih intensif bukan sekedar diet saja.

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita penyakit rematik gout dikarenakan kaya akan purin, antara lain : pertama, jeroan seperti hati, ginjal, limpa, babat, limpa serta usus. Kedua, daging beserta olahannya, otak, paru, kerang, udang serta kepiting. ketiga melinjo dan emping melinjo. Keempat, kacang-kacangan dalam bentuk kering seperti kacang kedelai,kacang tanah, kacang hijau, maupun makanan olahan seperti tempe, tauge serta tauco. Kelima, bayam, kembang kol, buncis, , kangkung dan asparagus. Keenam, seperti anggur, bir, wiski, tape, tuak maupun minuman hasil fermentasi, ketujuh durian, nanas, alpokat, serta air kelapa , karena makanan ini di dalam usus difermentasi menjadi alkohol. Dan kedelapan adalah makanan kalengan seperti kornet dan sarden.

HERBA SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN PENYAKIT REMATIK GOUT

Pengobatan terhadap penyakit gout, pada hakekatnya adalah menekan timbulnya peradangan sendi serta pengaturan asam urat darah. Oleh sebab itu diet makanan mengandung banyak purin harus dilakukan secara serius. Jika diperlukan penderita penyakit rematik gout juga harus bersedia menggunakan obat penurun asam urat. Bahkan pada penyakit rematik gout akut, sering kali digunakan obat penghilang rasa nyeri.

Fluktuasi kadar asam urat darah bisa memicu terjadinya penyakit rematik gout akut. Jika sudah demikian, maka disarankan bagi penderita penyakit rematik gout akut untuk senantiasa mengontrol kadar asam urat darah secara rutin. Tanaman berikut ini bisa menjadi alternatif obat-obatan bagi penderita penyakit rematik gout, antara lain, kumis kucing, tempuyung, seledri, suruhan serta pare. Semoga bermanfaat..(Baca juga artikel terkait : " OBAT PENURUN ASAM URAT TRADISIONAL (ALAMI)" Atau baca juga RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL UNTUK MENGATASI SAKIT REMATIK (ENCOK) ).

TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: