jadwal-sholat

JENIS JENIS MAKANAN SEHAT DAN NUTRISI PENTING BAGI IBU HAMIL

MEMILIH NUTRISI PENTING BAGI IBU HAMIL (SELAMA MASA KEHAMILAN)

nutrisi bagi ibu hamilPada dasarnya, tiap – tiap ibu hamil, pasti berharap akan keselamatan bayi yang dikandungnya. Agar bayi dalam rahimnya sehat, tentunya membutuhkan asupan makanan – makanan sehat juga. Makanan – makanan sehat memerlukan berbagai macam vitamin, mineral, serat serta zat – zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu agar bayi yang dikandungnya tetap sehat, ibu hamil membutuhkan nutrisi penting bagi kesehatan janinnya. Berikut ini hal – hal penting yang dibutuhkan ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan bayinya.

JENIS - JENIS MAKANAN SEHAT DAN NUTRISI PENTING YANG DIBUTUHKAN UNTUK IBU HAMIL

Beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil selama dalam masa kehamilannya antara lain sebagai berikut :

- Makanan kaya Vitamin dan mineral

Agar dapat menjaga kesehatan calon bayi yang dikandungnya, ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makan kaya vitamin dan mineral. Makanan kaya vitamin serta mineral banyak terdapat pada sayur – sayuran hijau dan buah – buahan. Selain kaya akan vitamin serta mineral, sayur – sayuran dan buah – buahan juga tidak mengandung tambahan gula maupun garam.

- Makanan sumber Protein.

Seorang ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk kesehatan tubuhnya maupun janin yang dikandungnya. Karena protein merupakan salah satu nutrisi penunjang bagi



pertumbuhan jaringan. Protein itu sendiri terdiri atas protein nabati dan protein hewani. Keduanya sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, selama proporsional dan seimbang. Adapun protein nabati banyak terdapat pada kedelai dan hasil olahannya seperti tahu, tempe, tumbuhan kacang – kacangan serta biji – bijian. Sedangkan protein hewani bisa kita jumpai pada daging, hati telur, makanan laut (sea food), ikan segar serta lainnya. Tak kalah pentingnya sebagai sumber protein yang baik adalah yogurt (makanan fermentasi) dan keju.

- Makanan kaya akan Serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan serat bisa menyebabkansusah buang air besar. Ibu hamil sering mengalami susah buang air besar karena kostipasi. Sehingga dengan banyak makanan berserat tinggi, diharapkan dapat mengurangi konstipasi tersebut. Makanan kaya serat banyak terdapat pada sayur – sayuran berwarna hijau serta pada buah – buahan.

- Makanan berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan badan lemah kurang bertenaga. Adapun makanan kaya karbohidrat banyak terdapat pada nasi, gandum, roti, jagung serta masih banyak lagi.

- Lemak.

Meskipun sering dihindari banyak orang, namun lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain berfungsi menyerap nutrisi dalam tubuh, lemak juga dapat membantu menghasilkan energi. Hanya saja, ibu hamil harus tetap membatasi konsumsi lemak dikarenakan lemak banyak mengandung kalori. Makanan kaya lemak antara lain, daging, minyak, margarine, mentega keju dan sejenisnya.

- Makanan kaya akan Zat besi

Zat besi merupakan komponen utama hemoglobin, yakni bagian dari darah yang bertugas menghantarkan oksigen ke sel – sel tubuh manusia, khususnya dalam hal ini adalah ibu hamil. Kekurangan zat bagi ibu hamil dapat menyebabkan meningkatnya resiko komplikasi pada saat melahirkan. Disamping itu, kekurangan zat besi akan mengakibatkan resiko melahirkan bayi dengan berat rendah ((bayi prematur)). Termasuk kedalam golongan makan kaya zat besi adalah Padi – padian, kacang polong, daging sapi serta hati.

- Makanan mengandung Asam folat

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan asam folat untuk kesehatan janinnya. Asam folat akan sangat membantu bagi perkembangan sistem saraf pusat, khususnya pada tujuh hari pertama masa kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada sayur – sayuran hijau, buah – buahan serta padi – padian.

- DHA

Ibu hamil juga sangat memerlukan DHA bagi perkembangan otak janin yang dikandungnya selama kehamilan. Contoh makanan mengandung DHA antara lain : Daging, hati, telur serta ikan - ikanan.

- Seng

Seorang ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung seng. Karena kekurangan seng bagi ibu hamil akan membawa dampak bagi janin yang dikandungnya. Seperti bayi lahir dengan berat rendah (prematur) atau juga bisa menghasilkan bayi cacat serta komplikasi – komplikasi lain selama dalam masa melahirkan. Makanan kaya akan seng terdapat pada daging, hati serta makanan – makanan laut (sea food).

- Cairan

Pada saat melahirkan, seorang ibu hamil pasti banyak mengeluarkan cairan tubuh, apakah itu pendarahan maupun keluarnya air ketuban. Oleh sebab itulah, seorang ibu hamil dianjurkan banyak mengkonsumsi air, utamanya air putih untuk mengimbangi keluarnya banyak cairan tubuh. Atau bisa juga minuman jus buah, yogurt serta lainnya. Dianjurkan bagi ibu hamil untu meminum air kurang lebih antara 8 sampai 10 gelas setiap hari. Kakurangan cairan juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal serta dapat mengakibatkan dehidrasi.

JENIS MAKANAN DAN ZAT – ZAT MERUGIKAN YANG HARUS DIHINDARI IBU HAMIL (SELAMA MASA KEHAMILAN)

Selama kehamilannya, seorang ibu hamil harus menghindari hal – hal sebagai berikut :

- Menghindari minuman alkohol

Seorang ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi alkohol secara mutlak jika ingin bayinya lahir dengan sehat dan selamat. Karena alkohol akan masuk ke tubuh ibu hamil melalui aliran darah, sehingga akan berdampak pada janinnya. Penggunaan Alkohol terlalu berlebih pada ibu hamil bisa mengakibatkan lahir cacat seperti keterbelakangan mental, cacat fisik, pertumbuhan otak kurang normal serta bisa juga bayi mengalami ganguan pada jantung. Untuk itu, bagi ibu hamil, hindarilah mengkonsumsi alkohol secara mutlak.

- Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi obat – obatan apapun selama masa kehamilannya, kecuali dengan petunjuk dokter karena mengalami sakit tertentu, sehingga ia harus minum obat. Karena obat, khususnya obat – obatan kimiawi sangat beresiko pada kesehatan bayi.

- Makan makanan setengah matang

Agar terhindar dari berbagai macam bakteri, protozoa, parasit maupun kuman – kuman lainnya, seorang ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dimakannya. Pastikan makanan dalam kondisi bersih sebelum dimasak, serta masaklah makanan itu hingga benar – benar matang. Karena jika makanan belum matang atau setengah matang, besar kemungkinan bakteri, parasit, atau mungkin beberapa jenis cacing belum mati, sehingga akan masuk ke dalam tubuh, sehingga akhirnya akan mengganggu kesehatan bayi di kandungan. Jika kuman masuk kedalam tubuh ibu hamil, kemudian masuk ke darah, maka bisa terjadi infeksi, khususnya toksoplasma yang sangat membahayakan bayi yang dikandungnya. Ibu hamil bisa saja mengalami keguguran (abortus), bayi bisa lahir cacat, mengalami Hidrochepalus (kepala bayi besar berisi cairan), mengalami gangguan pada syaraf bahkan kematian.

- Merokok (perokok aktif) maupun menghisap asap rokok (perokok pasif)

Siapa tidak mengenal bahaya rokok bagi kesehatan tubuh manusia? Hampir semua lapisan masyarakat pasti tahu bahaya rokok bagi tubuh. Selain mengandung nikotin, rokok juga mengandung karbon monoksida serta mengandung tar. Ketiga racun tersebut bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit dari penyakit asma, hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit jantung, penyakit kanker hingga terkena serangan penyakit stroke. Untuk itu, ibu hamil wajib menghindari rokok, baik merokok (perokok aktif) maupun menghisap asap rokok (perokok pasif) agar bayinya sehat wal afiat.

- Terlalu banyak minum minuman mengandung kafein

Meski tidak sebegitu berbahayanya dibanding dengan zat – zat tersebut diatas, ibu hamil juga perlu membatasi kafein yang terdapat pada the, kopi coklat serta beberapa makanan atau minuman lainnya. Sebab kefein bisa menghasilkan hormon stres yang dapat mengakibatkan oksigen serta aliran darah ke rahim berkurang. Sehingga akan mengganggu pertumbuhan janin.

Demikianlah sekelumit catatan tentang nutrisi penting bagi ibu hamil serta zat – zat yang harus dihindari ibu hamil selama dalam masa kehamilannya. Hanya kepada ALLAH lah kita meminta rezeki serta afiat. Tidak ada yang bisa menentukan kesehatan seseorang Kecuali hanya ALLAH.

TERIMA KASIH, ANDA TELAH MENGUNJUNGI INFO SEPUTAR KITA. SEMOGA MENDAPATKAN MANFAAT

Related Post: